SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar pada Pokok Bahasan Pedosfer Siswa Kelas X di SMAN 1 Pule Kabupaten Trenggalek

Adik Tri Wahyuningsih

Abstrak


ABSTRAK

 

Wahyuningsih, Adik Tri. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar pada Pokok Bahasan Pedosfer Siswa  Kelas X di SMAN 1 Pule Kabupaten Trenggalek. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ach. Amirudin, M.Pd, (II) Dr. I Nyoman Ruja, S.U.

 

Kata kunci: model pembelajaran, snowball throwing, hasil belajar

 

Pendidikan tidak hanya mempelajari apa yang terjadi di masa lalu dan saat ini, tetapi juga mempersiapkan masa yang akan datang. Pembelajaran kooperatif dapat mewujudkan hal tersebut. Saat ini pembelajaran yang diharapkan adalah pembelajaran kooperatif, namun yang terjadi pada prakteknya masih mengacu pembelajaran konvensional. Hal tersebut tentu berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa cenderung kurang baik jika pembelajaran kurang menarik. Model pembelajaran merupakan salah satu strategi untuk mengoptimalkan proses pembelajaran di kelas. Model pembelajaran snowball throwing merupakan salah satu model pembelajaran yang menarik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa kelas X yang mengikuti pembelajaran dengan model snowball throwing lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model ceramah. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan mengambil subjek penelitian dua kelas yaitu kelas XB sebagai kelas eksperimen dan kelas XC sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes untuk pre-test dan post-test. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t tidak berpasangan yang dapat diselesaikan dengan bantuan  program SPSS 16.0 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil analisis data diketahui bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 19, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 10. Hasil analisis dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) adalah 0,025. Dengan demikian nilai signifikansi 0,025