SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering (REACT) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Hidrosfer Kelas X di SMA Negeri 7 Kediri

Mohammad Asron Wahid

Abstrak


ABSTRAK

 

Wahid, Mohammad Asron. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering (REACT) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Hidrosfer Kelas X di SMA Negeri 7 Kediri. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd, (II) Drs. Hendri Purwito, M.Si.

 

Kata kunci: model pembelajaran REACT, kemampuan berpikir kritis

 

Kemampuan seseorang untuk dapat berhasil dalam kehidupannya antara lain ditentukan oleh ketrampilan berpikir, terutama dalam upaya memecahkan masalah yang ada. Oleh karena itu, pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa sangat penting sebagai bekal bagi siswa untuk menghadapi keadaan yang selalu berubah, tidak pasti, dan kompetitif di masa depan. Geografi merupakan salah satu wadah yang tepat untuk melatih kemampuan berpikir siswa karena geografi berusaha untuk menganalisis dan memberi solusi pada permasalahan lingkungan. Pemilihan model pembelajaran yang tepat akan memperbesar peluang pencapaian kemampuan siswa dalam berpikir kritis terhadap suatu masalah. Model pembelajaran REACT memiliki 5 strategi yaitu Relating (menghubungkan), Experiencing (mengalami), Applying (mengaplikasikan), Cooperating (bekerja sama), Transfering (memindahkan). Model ini memiliki beberapa kelebihan yaitu mengaitkan materi dengan situasi dunia nyata, menemukan dan membuktikan teori dengan percobaan, dan siswa bekerjasama saling tukar pendapat dalam diskusi. Berdasarkan kelebihan tersebut model REACT dapat membuat kemampuan berpikir kritis siswa lebih baik.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh model pembelajaran REACT terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi kelas X SMA Negeri 7 Kediri. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment), menggunakan rancangan Pretest-posttest Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol, siswa kelas X SMAN 7 Kediri. Instrumen penelitian berupa tes yang terdiri dari pre-test dan post-test. Teknik analisis data dilakukan uji t dengan bantuan SPSS 17.0 for Windows.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa (gain score) kelas eksperimen yang mendapat perlakuan model pembelajaran REACT lebih tinggi dibanding peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa (gain score) kelas kontrol tanpa perlakukuan model pembelajaran REACT .Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa model pembelajaran REACT berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Saran yang diajukan untuk guru bidang studi Geografi adalah menjadikan Model pembelajaran REACT sebagai salah satu alternatif dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Bagi penelitian selanjutnya disarankan untuk mengelola waktu dengan baik agar model pembelajaran REACT dapat terlaksana dengan baik.