SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS PENYAJIAN MATERI PADA BUKU TEKS GEOGRAFI KELAS X SMA/MA KARANGAN K.WARDIYATMOKO TERBITAN ERLANGGA BERDASARKAN DESAIN MODEL SELECTING, ORGANIZING, DAN INTEGRATING (SOI)

Rizky Dewi Iswari

Abstrak


ABSTRAK

 

Iswari, Rizky Dewi. 2013. Analisis Penyajian Materi Pada Buku Teks Geografi Kelas X SMA/MA Karangan K.Wardiyatmoko Terbitan Erlangga Berdasarkan Desain Model Selecting, Organizing, dan Integrating (SOI). Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Timotius Suwarna, M.Pd, (II) Dra.  Yuswanti Ariani W., M.Si.

 

Kata kunci: buku teks, penyajian materi, desain model SOI

 

Buku teks merupakan acuan wajib yang digunakan di sekolah yang memuat materi pembelajaran. Salah satu ciri buku teks yang berkualitas yaitu mampu meningkatkan aspek kognitif siswa, salah satunya dapat dilakukan dengan memperhatikan desain penyajian materi pada buku teks. Desain model selecting, organizing, dan integrating (SOI) merupakan salah satu desain yang dapat di-gunakan untuk meningkatkan aspek kognitif melalui teknik penyajian materi yang menekankan pada aspek selecting, organizing, dan integrating. Namun, pada faktanya banyak buku teks geografi yang beredar di pasaran yang masih kurang memperhatikan pentingnya teknik penyajian materi. Oleh karena itu, diperlukan penelitian tentang analisis penyajian materi pada buku teks geografi apakah sudah sesuai dengan desain model SOI atau belum.

Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan kesesuaian penyajian materi pada buku teks berdasarkan desain model selecting, organizing, dan integrating (SOI). Jenis penelitian ini termasuk ke dalam penelitian pustaka atau studi teks yang disajikan dalam bentuk deskriptif yaitu dengan memaparkan kesesuaian penyajian materi pada buku teks dengan desain model SOI. Sedangkan rancangan dalam penelitian ini menggunakan rancangan analisis isi yang membahas secara mendalam isi materi pada buku teks. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar pedoman berupa chek-list. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini berupa analisis deskriptif, yaitu memaparkan kesesuaian penyajian materi yang terdapat dalam buku teks geografi Kelas X SMA/MA karangan K. Wardiyatmoko terbitan Erlangga

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesesuaian penyajian materi pada buku teks dengan aspek selecting tergolong tinggi dengan skor 3,5 dan kesesuaian dengan aspek organizing tergolong cukup dengan skor 3, sedangkan kesesuaian dengan aspek integrating  tergolong  rendah dengan skor 1,8.

Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan, disarankan bagi guru mata pelajaran geografi untuk lebih selektif dalam memilih buku teks yang akan digunakan dalam pembelajaran. Selain itu, bagi  Depdiknas sebaiknya membuat pedoman bagi penulis buku teks, terutama berkaitan dengan teknik penyajian materi, agar penulis buku dan juga penerbit buku dapat mengikuti pedoman yang sudah ada dalam menulis buku teks untuk menghasilkan buku teks yang lebih berkualitas.