SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X-A SMA PGRI Maospati Kabupaten Magetan

Serce Abrisadesi Yusliana

Abstrak


ABSTRAK

 

Yusliana, Serce Abrisadesi. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X-A SMA PGRI Maospati Kabupaten Magetan . Skripsi. Jurusan Geografi Program Studi Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Timotius Suwarna, M.Pd, (II) Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si.

 

Kata Kunci : model pembelajaran Think Talk Write (TTW), kemampuan berkomunikasi, hasil belajar

  

Masalah yang sering muncul sebagai salah satu penyebab rendahnya kualitas pembelajaran adalah penerapan model pembelajaran yang belum mampu menciptakan suasana pembelajaran yang bermakna. Berdasarkan observasi awal diketahui bahwa rata-rata skor kemampuan berkomunikasi siswa sebesar 8,9. Rendahnya kemampuan berkomunikasi siswa  juga mempengaruhi hasil belajar siswa. Rata-rata nilai hasil belajar siswa pada observasi awal sebesar 56,9. Diperlukan perubahan model pembelajaran agar meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang juga akan meningkatkan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW).

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi Kelas X-A SMA Maospati Kabupaten Magetan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data penelitian berupa kemampuan berkomunikasi dan hasil belajar siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X-A dan dokumentasi data ulangan harian yang dimiliki guru dalam daftar nilai. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar observasi dan soal tes. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, tes tulis, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan membandingkan skor kemampuan berkomunikasi dan nilai hasil belajar siswa pada observasi awal, Siklus I, Siklus II, dst.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata kemampuan berkomunikasi siswa pada observasi awal 8,9. Setelah diterapkan model pembelajaran TTW rata-rata kemampuan berkomunikasi siswa mengalami peningkatan menjadi 12,8 pada Siklus I dan mengalami peningkatan menjadi 18,4 pada Siklus II. Penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) tidak hanya meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa, tetapi juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rata-rata nilai hasil belajar siswa pada observasi awal 56,9. Setelah dilakukan tindakan pada Siklus I rata-rata nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 75,3 dan pada Siklus II mengalami peningkatan menjadi 81,1.

Model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan hasil belajar siswa. Guru Geografi SMA PGRI Maospati Kabupaten Magetan disarankan untuk menerapkan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) sebagai salah satu alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan hasil belajar siswa dengan memperhatikan: mengatur pembagian waktu dengan seimbang antara tahap think, talk, write, menginformasikan pembagian kelompok sebelum pembelajaran berlangsung, memberi kesempatan siswa mempelajari pokok-pokok materi di rumah, menganjurkan siswa mempelajari materi dari buku-buku lain yang relevan dan browsing di internet.