SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Motivasi Berprestasi Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Panjura Kota Malang

Prilia Ayu Triastini

Abstrak


ABSTRAK

 

Triastini, Prilia Ayu. 2013. Pengaruh Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Motivasi Berprestasi Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Panjura Kota Malang.Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial,Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sudarno Herlambang, M.Si., (II) Drs. Rudi Hartono, M. Si.

 

Kata kunci:,Quantum Teaching,Motivasi Berprestasi

 

Motivasi berprestasi siswa yang rendah dalam pembelajaran geografi menjadi masalah utama dalam pembelajaran. Proses pembelajaran geografi dalam kelas saat ini dirasa belum cukup untuk menumbuhkan motivasi berprestasi dalam diri siswa. Untuk itu diperlukan model pembelajaran yang mampu menumbuhkan motivasi berprestasi dan pemahaman konsep yang mendalam bukan hanya berupa hafalan materi, salah satunya dengan model pembelajaran Quantum Teaching.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran Quantum Teaching berpengaruh terhadap motivasi berprestasi siswa Kelas X SMA Panjura Kota Malang. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment)dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X SMA Panjura Kota Malang Tahun Ajaran 2012/ 2013 yang terdiri dari dua kelas yaitu Kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan X-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa angket motivasi berprestasi yang diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t tidak berpasangan dengan bantuan SPSS 17.0 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata gainscore motivasi berprestasi siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Rata-rata gainscore motivasi berprestasi siswa kelas kontrol sebesar 7,88 sedangkan kelas eksperimen sebesar 10,88. Hasil analisis menggunakan uji-t menunjukkan signifikansi sebesar 0,037 lebih kecil dibandingkan 0,05, hal tersebut berarti bahwa H0 ­ditolak.Dengan demikian berartipembelajaran Quantum Teaching berpengaruh terhadap motivasi berprestasi siswa Kelas X pada mata pelajaran geografi di SMA Panjura Kota Malang.

Saran yang diajukan untuk guru bidang studi geografi adalah menjadikan model pembelajaran Quantum Teaching sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa.