SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X MAN Malang II Batu

Dwi Pudi Lestari

Abstrak


ABSTRAK

 

Lestari, Dwi Pudi. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X MAN Malang II Batu. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd (II) Drs. Yusuf Suharto.

 

Kata Kunci: STAD, Minat

 

Pendidikan sangat dibutuhkan dalam menentukan kualitas kehidupan bangsa karena peran pendidikan menciptakan manusia yang cerdas. Pada dasarnya pendidikan berkaitan dengan proses pembelajaran. Oleh sebab itu, pembelajaran harus diperbaiki agar pendidikan dapat terlaksana dengan baik. Guru merupakan salah satu faktor yang berperan penting dalam kegiatan pembelajaran. Peran guru tersebut perlu ditingkatkan sebagai upaya untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Maka dari itu, guru harus pandai mengembangkan model pembelajaran agar siswa minat dalam proses pembelajaran. Untuk itu, perlu diterapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) yang berperan dalam meningkatkan minat belajar siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas X di MAN Malang II Batu menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X yaitu kelas X 9. Instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk mengetahui minat siswa ketika pembelajaran di kelas berlangsung, dan angket minat belajar yang digunakan sebelum dan setelah pembelajaran STAD dilaksanakan.

Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa minat belajar siswa geografi di MAN Malang II Batu meningkat setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Hal tersebut dapat dilihat dari perolehan hasil angket minat belajar siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat berdasarkan data sebelum pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan setelah dilakukannya model pembelajaran, yaitu meningkat dari 51,19 % menjadi 89,25 %. Sedangkan data minat siswa berdasarkan lembar observasi ketika pembelajaran pada siklus I menunjukkan minat siswa 16,6% sampai 100% dan data observasi tindakan STAD pada siklus I menunjukkan 6,6% sampai 16,6%. Sedangkan pada siklus ke-II data minat siswa berdasarkan lembar observasi pada pembelajaran siklus II menunjukkan minat siswa sebesar 40% sampai 100% dan data observasi tindakan STAD pada siklus II masih sama menunjukkan 6,6% sampai 16,6%.

Disarankan bagi guru geografi untuk membagi siswa dalam kelompok secara heterogen sebelum kegiatan pembelajaran dimulai, sehingga saat kegiatan pembagian kelompok ketika pembelajaran dimulai, siswa tidak kesulitan mencari kelompoknya dan kelas tidak ramai. Selain itu, guru harus bisa mengendalikan kelas saat kegiatan kelompok agar siswa tidak ramai didalam kelas.