SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Kebiasaan Belajar Siswa Kelas XI IPS pada Mata Pelajaran Geografi dengan Hasil Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Malang 1

Purwita Eka Sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Purwita Eka. 2013. Hubungan Kebiasaan Belajar Siswa Kelas XI IPS pada Mata Pelajaran Geografi dengan Hasil Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Malang 1. Skripsi. Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Timotius Suwarna, M.Pd, (II) Dr. Achmad Amirudin, M.Pd.

 

Kata Kunci: Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar

 

Setiap siswa mempunyai keberhasilan dalam belajar yang berbeda. Keberhasilan tersebut dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya adalah kebiasaan belajar. Kebiasaan belajar yang baik akan memberikan hasil yang baik karena membutuhkan pemahaman yang mendalam dengan waktu yang relatif tidak singkat. Namun, pada kenyataannya masih banyak siswa yang membuat kesalahan, yaitu belajar pada saat ujian sudah mendekat. Kebiasaan belajar siswa Kelas XI IPS di MAN Malang 1 menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang kurang dapat memanfaatkan kebiasaan belajar yang baik, sehingga hasil belajarnya belum maksimal. Oleh karena itu, kebiasaan belajar yang baik perlu diterapkan agar hasil belajar dapat maksimal.

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang hubungan kebiasaan belajar dengan hasil belajar siswa Kelas XI IPS di MAN Malang 1 dengan menggunakan rancangan penelitian korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling sebanyak 84 siswa. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data dan pengujian hipotesis menggunakan korelasi Product Moment Pearson dengan bantuan program SPSS 16 for Windows.

Hasil penelitian memperoleh korelasi sebesar 0,233 dengan nilai sig. (2-tailed) adalah 0,033. Berdasarkan hasil tersebut, nilai signifikansi < 0,05 berarti Ho ditolak, maka dapat disimpulkan ada hubungan positif yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar siswa Kelas XI IPS di MAN Malang 1. Oleh karena itu, bagi khasanah pengetahuan diharapkan penelitian ini dapat menjadi bahan kajian yang berkaitan dengan kebiasaan belajar siswa, serta hubungannya dengan hasil belajar siswa. Selain itu, bagi guru diharapkan penelitian ini sebagai bahan pertimbangan untuk mengambil tindakan maupun langkah-langkah yang tepat dalam proses pembelajaran, sehingga kualitas pembelajaran menjadi lebih baik dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa.