SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share terhadap Hasil Belajar Geografi pada Materi Pelestarian Lingkungan Hidup Siswa Kelas XI MAN Malang II Batu

Diami Marisandi

Abstrak


ABSTRAK

 

Marisandi, Diami. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share terhadap Hasil Belajar Geografi pada Materi Pelestarian Lingkungan Hidup Siswa Kelas XI MAN Malang II Batu. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Dwiyono Hari Utomo, M.Pd. M.Si, (II) Ardyanto Tanjung, S.Pd. M.Pd.

 

Kata kunci: Think Pair Share, Hasil Belajar Geografi, Pelestarian Lingkungan Hidup.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Think Pair Share terhadap hasil belajar geografi pada materi pelestarian lingkungan hidup siswa kelas XI MAN Malang II Batu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Subjek penelitian yaitu kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa soal tes esai untuk pretest dan posttest. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t 2 sampel tidak berpasangan dengan menggunakan program SPSS 16.0 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan dari hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dengan siswa yang hanya belajar dengan model pembelajaran konvensional. Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 30,6 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 20,71 dengan  signifikansi sebesar 0,001