SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemanfaatan Media Presentasi Prezi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Batu

Safrin Azura Virgana

Abstrak


ABSTRAK

 

Virgana, Safrin Azura. 2013. Pemanfaatan Media Presentasi Prezi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Batu. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Hadi Soekamto, S.H., M.Pd., M.Si., (II) Drs. Yusuf Suharto.

 

Kata Kunci: pemanfaatan, media presentasi Prezi, hasil belajar siswa

 

Perkembangan teknologi yang pesat menuntut semua bidang melakukan penyesuaian termasuk sistem pendidikan nasional yang berpengaruh pada kurikulum yang diterapkan (KTSP). KTSP diharapkan meningkatkan mutu proses dan hasil belajar siswa yang didukung dengan pemanfaatan media dalam pembelajaran di sekolah. Dalam kenyataannya masih terdapat guru dalam pelaksanaan pembelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Batu tanpa bantuan media sehingga guru hanya berfungsi sebagai pusat pembawa informasi menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Geografi dengan memanfaatkan media presentasi Prezi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus pembelajaran yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa X-12 pada pelajaran  Geografi meningkat 13,61% pada Siklus I dan meningkat 17,15% pada Siklus II.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan disimpulkan bahwa pemanfaatan media presentasi Prezi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Batu. Kepada pihak sekolah  disarankan menganjurkan kepada guru-guru untuk memanfaatkan media presentasi Prezi dalam pembelajaran dengan melakukan pelatihan sehingga meningkatkan mutu sekolah. Guru disarankan memanfaatkan media presentasi Prezi sebagai alat bantu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran  geografi. Peneliti selanjutnya disarankan melakukan penelitian dengan memanfaatkan media presentasi Prezi dengan pengembangan dan menyempurnaan penelitian-penelitian sebelumnya.