SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2008

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Model Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Malang.

Fatmawati .

Abstrak


ABSTRAK

 

Fatmawati, 2008. Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Model Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Edy Purwanto, M.Pd, (II) Drs. Budi Handoyo, M.Si.

 

Kata-kata kunci : Pembelajaran kooperatif model GI, aktivitas, hasil belajar

 

            Permasalahan penelitian bahwa umumnya guru geografi masih mengutamakan ceramah dan tanya jawab dalam proses pembelajaran. Observasi yang dilakukan dengan metode ceramah didapatkan hasil belajar siswa menjadi rendah, ketuntasan belajar rendah dan aktivitas siswa kebanyakan pasif. Sebagai upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, perlu adanya penerapan metode lain yang dapat dijadikan alternatif pengganti dari metode ceramah. Penelitian ini mencoba keefektifan dari pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pelaksanaan pembelajaran dalam model GI ini tidak hanya guru yang berperan aktif di dalam kelas, melainkan terjadi interaksi antara guru dengan siswa, dan siswa dengan siswa secara aktif.

            Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas dan hasil belajar siswa dengan diterapkannya pembelajaran kooperatif model GI dalam pembelajaran geografi.

            Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2007/2008, pada bulan Oktober-November 2007. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Malang dengan jumlah siswa 17. Rancangan penelitian ini disusun dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Analisis data secara deskriptif.

            Hasil penelitian  siklus I menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model GI mampu meningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus I aktivitas dan keterampilan kooperatif siswa selama proses belajar mengajar berlangsung sebesar 87%, meningkat pada siklus 2 menjadi 92%, dan hasil belajar pada siklus I mempunyai rata-rata kelas sebesar 72,88 meningkat pada siklus II menjadi 81,82.

            Berdasarkan hasil penelitian diperoleh  bahwa penerapan pembelajaran kooperatif dengan model GI dalam pembelajaran geografi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar, khususnya di SMA Muhammadiyah 2 Malang. Disarankan bahwa guru geografi hendaknya menerapkan model GI dalam pembelajaran geografi sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas dengan menyesuaikan dengan pokok bahasan.

 

 


Teks Penuh: DOC PDF