SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kondisi Lingkungan Permukiman Di Daerah Perindustrian Desa Kaliabu Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun

Oktantio Bagus Oranda

Abstrak


ABSTRAK

 

Oranda, Oktantio Bagus. 2013. Kondisi Lingkungan Permukiman di Daerah Perindustrian Desa Kaliabu Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Achmad Amirudin, M.Pd (II) Dr. Budijanto, M.Sos

 

Kata kunci: lingkungan, permukiman, industri.

 

Kesehatan lingkungan adalah suatu keseimbangan ekologi yang harus ada antara manusia dan lingkungan agar dapat menjamin kesehatan hidup. Desa Kaliabu Kecamatan Mejayan memiliki banyak industri pengolahan ketan hitam menjadi brem, makanan khas Madiun. Jumlah industri brem di Desa Kaliabu sebanyak 22 home industry. Keadaan Desa Kaliabu sebagai sentra home industry brem, sangat perlu diketahui tentang kondisi lingkungan di sana. Kondisi lingkungan ini diketahui berdasarkan kondisi kesehatan lingkungan yang meliputi air minum/air bersih, sanitasi, kepadatan permukiman, tata letak, keadaan bangunan, tempat sampah, genangan, lebar jalan, kondisi jalan, luas rumah, pendidikan, dan kesehatan.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kondisi lingkungan permukiman di Desa Kaliabu Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun. Kondisi lingkungan berdasarkan keadaan lingkungan di Desa Kaliabu Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik proposional random sampling yang ditentukan berdasarkan jumlah penduduk yang tersebar di lima dusun dengan memperhitungkan besar kecilnya sub populasi tersebut secara acak, sehingga menghasilkan 122 sampel penelitian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan tabel persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi lingkungan di Desa Kaliabu Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun adalah cukup sehat dengan skor sebesar 26. Hasil ini ditunjukkan dengan kondisi ketersediaan sumber air yang buruk dan kondisi tingkat pendidikan masyarakat yang rendah dengan nilai 1. Kondisi sumber air di Desa Kaliabu telah tercemar dengan limbah sisa produksi brem. Sebagian besar masyarakat hanya lulus SD bahkan ada yang tidak pernah sekolah. Hal ini berpengaruh terhadap pengetahuan masyarakat terhadap kesehatan lingkungan mereka. Adapun indikator yang sudah menunjukan hasil baik, antara lain kepadatan permukiman dengan nilai 3, sanitasi dengan nilai 3, kondisi bangunan dengan nilai 3, tempat sampah dengan nilai 3, kondisi genangan dengan nilai 2, kondisi jalan dengan nilai 2, luas rumah dengan nilai 3, lebar jalan dengan nilai 3, dan tingkat kesehatan dengan nilai 2.

Saran untuk peneltian ini adalah masyarakat Desa Kaliabu agar lebih memperhatikan kesehatan lingkungan. Terutama para pelaku industri brem yang membuang limbah sisa produksi ke aliran. Bagi Pemerintah disarankan lebih memperhatikan kondisi pendidikan masyarakat Desa Kaliabu dengan cara memberikan sosialisasi terhadap masyarakat terutama pelaku industri brem tentang lingkungan sehat mengingat Desa Kaliabu adalah sebagai desa pusat home industry brem.