SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model Rotating Trio Exchange (RTE) Terhadap Aktivitas Belajar Dan Pemahaman Konsep Geografi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Mojokerto

Prisma Nanda Kurnianti

Abstrak


ABSTRAK

 

Kurnianti, Prisma Nanda. 2013. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap Aktivitas Belajar Dan Pemaha-man Konsep Geografi  Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Mojokerto. Skripsi, Jurusan Geografi, FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Yuswanti A. W.  (II)  Dr. Mustofa

 

Kata Kunci: Rotating Trio Exchange, Aktivitas Belajar, Pemahaman Konsep Geografi

 

Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan penulis terhadap kegiatan pembelajaran di SMA Negeri 3 Mojokerto diperoleh keterangan bahwa guru masih mendapatkan kendala dalam upaya meningkatkan hasil belajar Geografi. Kendala tersebut antara lain adalah  rendahnya aktivitas belajar siswa selama  pembelajaran Geografi, siswa cepat lupa materi yang telah diajarkan serta seringnya Geografi dianggap oleh siswa sebagai mata pelajaran yang sulit untuk dipahami konsep-konsepnya. Kondisi tersebut disebabkan pembelajaran di kelas yang kurang efektif dan monoton.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan aktivitas belajar dan pemahaman konsep geografi siswa yang belajar menggunakan model Rotating Trio Exchange dibandingkan siswa yang belajar menggunakan metode ceramah di SMA Negeri 3 Mojokerto.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment), dengan subjek penelitian dua kelas yaitu kelas XG sebagai kelas eksperimen dan kelas XF sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa lem-bar observasi dan tes (pretest dan posttest). Teknik analisis yang digunakan adalah uji t tidak berpasangan (Independent Samples t- Test) yang dapat diselesaikan dengan bantuan SPSS 16.00 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata aktivitas belajar kelas kontrol sebesar 70,82 sedangkan nilai rerata kelas eksperimen sebesar 80,74 dengan sig. (2-tailed) sebesar 0,002 sehingga ada perbedaan signifikan aktivitas belajar siswa yang belajar menggunakan model Rotating Trio Exchange dibandingkan siswa yang belajar menggunakan metode ceramah  di SMA Negeri 3 Mojokerto. Ke-mudian juga didapatkan hasil nilai rerata gain score pemahaman konsep kelas kontrol sebesar 28,26 sedangkan nilai rerata kelas eksperimen sebesar 36,71 den-gan sig. (2-tailed) sebesar 0,018 sehingga ada perbedaan signifikan pemahaman konsep geografi siswa yang belajar menggunakan model Rotating Trio Exchange dibandingkan siswa yang belajar menggunakan metode ceramah di SMA Negeri 3 Mojokerto.

Disarankan bagi guru Geografi untuk  guru benar-benar memperhatikan waktu agar tahapan-tahapan dalam RTE dapat terlaksana sesuai alokasi waktu yang tersedia. Sebaiknya guru memberikan motivasi agar siswa lebih bersemangat dan tidak bingung dalam melaksanakan proses diskusi. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menggunakan model ini untuk materi yang memiliki karakteristik sama dengan atmosfer.