SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2008

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran dengan Aplikasi Program Macromedia Flash Professional 8 pada Mata Pelajaran Geografi SMA Kelas X untuk Topik Hidrosfer

Arif Baidlowi

Abstrak


ABSTRAK

 

Baidlowi, Arif. 2008. Pengembangan Media Pembelajaran dengan Aplikasi Program Macromedia Flash Professional 8 pada Mata Pelajaran Geografi SMA Kelas X untuk Topik Hidrosfer. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, FMIPA, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Edy Purwanto, M.Pd, (II) Drs. Djoko Sulistijo, M.Si.

 

Kata Kunci: media pembelajaran, flash, animasi, hidrosfer

 

            Materi Hidrosfer merupakan kajian geografi fisik yang mengkaji tentang proses alam dan objek-objek alam dalam skala ruang yang luas, sehingga dalam penjelasannya tidak cukup hanya dengan cara lisan saja. Kondisi ini menyebabkan kesulitan siswa dalam memahami materi, khususnya proses-proses alam, seperti: siklus air, terbentuknya sungai, danau, dan terbentuknya air tanah. Hal tersebut disebabkan guru kesulitan untuk menunjukkan secara langsung proses-proses tersebut di dalam kelas. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut, yaitu dengan memanfaatkan media pembelajaran.

Tujuan penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran yang dapat menunjukkan proses-proses hidrosfer dan objek-objek alam yang dapat membantu siswa memahami materi tersebut. Media ini dikembangkan dengan menggunakan program macromedia flash professional 8 yang merupakan program animasi yang dapat menggabungkan antara teks, gambar, video, dan animasi sehingga proses-proses hidrosfer dan objek-objek alam dapat dipresentasikan.

Rancangan penelitian ini menggunakan model pengembangan prosedural yang bersifat deskriptif, yang terdiri dari kegiatan identifikasi kompetensi dasar dan indikator, analisis bahan ajar, desain media, produksi, editing, prototipe media, validasi produk, uji coba produk, dan produk akhir. Data penelitian bersifat  kuantitatif  dan diperoleh dari uji validasi produk dari ahli media dan ahli materi serta data hasil uji coba produk di sekolah. Data tersebut dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif persentase.

Hasil uji validasi diketahui bahwa media ini "valid". Hasil uji coba produk diperoleh nilai 87% dengan kriteria "layak". Berdasarkan hasil uji validasi dan uji coba tersebut, disimpulkan bahwa produk valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah.

Bertitik tolak dari penelitian ini, beberapa saran yang diperkirakan dapat meningkatkan manfaat dan pengembangan produk yang akan datang diajukan adalah: (1) guru hendaknya menggunakan media ini dalam pembelajaran di kelas khususnya untuk materi hidrosfer, (2) penggunaan LCD Proyektor untuk memperoleh tampilan yang lebih besar sehingga memudahkan siswa untuk mengamati tayangan media, (3) agar produk digunakan secara luas, guru pengajar mata pelajaran geografi, baik tingkat SMP maupun SMA dapat mengakses produk ini di Jurusan Geografi Universitas Negeri Malang, (4) pengembang produk yang akan datang dapat membuat produk untuk pokok bahasan lainnya seperti: litosfer, laut dan pesisir, dan pedosfer.

 


Teks Penuh: DOC PDF