Penerapan Team Assisted Individualization (TAI) dalam Pembelajaran Geografi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X.6 SMA Negeri 9 Malang.
Abstrak
ABSTRAK
Hidayatullah, Syarif. 2008. Penerapan Team Assisted Individualization (TAI) dalam Pembelajaran Geografi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X.6 SMA Negeri 9 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Dwiyono Hari Utomo, M. Pd, M. Si, (II) Drs. I Nyoman Ruja, SU.
Kata-kata kunci: Pembelajaran kooperatif tipe TAI, motivasi, hasil belajar.
Permasalahan penelitian ditemukan bahwa guru geografi kurang bisa mengadaptasi pembelajaran terhadap perbedaan individual berkaitan dengan kemampuan siswa maupun pencapaian siswa. Individualisasi pembelajaran dari tiap kemampuan yang diajarkan sebagian besar tergantung pada kemampuan yang dimilikinya. Berdasarkan observasi awal didapatkan hasil belajar siswa menjadi rendah, ketuntasan belajar rendah dan ketika pembelajaran berlangsung siswa ramai, berbicara dengan teman dan sering keluar kelas. Sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, perlu adanya penerapan metode lain yang dapat dijadikan alternatif pengganti dari metode ceramah. Penelitian ini mencoba keefektifan dari pembelajaran kooperatif tipe TAI dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2007/2008, pada bulan April 2008. Subjek penelitian adalah siswa kelas X.6 SMA Negeri 9 Malang dengan jumlah siswa 35. Rancangan penelitian ini disusun dalam 2 siklus. Teknik Pengumpulan data dilakukan oleh peneliti melalui kegiatan observasi selama proses pembelajaran berlangsung. Untuk memperoleh data motivasi belajar siswa yang tercermin dari aktivitas siswa pada saat pembelajaran berlangsung menggunakan lembar observasi. Dalam memperoleh data hasil belajar siswa, diadakan tes pada setiap akhir siklus. Pendapat dan respon siswa mengenai implementasi pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti diperoleh dari hasil angket siswa. Analisis data secara deskriptif.
Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan tipe TAI mampu meningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Pada siklus I aktivitas dan keterampilan kooperatif siswa selama proses belajar mengajar berlangsung sebesar 47,57% dengan kategori cukup, meningkat pada siklus II menjadi 63,57% dengan kategori baik, dan hasil belajar pada siklus I mempunyai rata-rata kelas sebesar 79,43 meningkat pada siklus II menjadi 91,86.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI dalam pembelajaran geografi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar, khususnya di SMA Negeri 9 Malang. Disarankan bahwa guru geografi hendaknya menerapkan tipe TAI dalam pembelajaran geografi sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di kelas dengan menyesuaikan dengan pokok bahasan kontekstual.
KATA PENGANTAR
Segala puji hanya bagi Allah SWT yang telah melimpahkan karunia dan petunjuk-Nya sehingga skripsi untuk memenuhi persyaratan dalam memperoleh gelar sarjana dapat terselesaikan.
Penyusunan skripsi ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak baik secara langsung maupun tidak langsung, maka pada kesempatan ini diucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada:
1. Prof. Dr. Edy Purwanto, M. Pd selaku ketua jurusan Geografi yang telah sabar memberikan petunjuk dan bimbingan kepada penulis selama penyusunan skripsi.
2. Drs. Dwiyono Hari Utomo, M. Pd, M. Si selaku pembimbing I yang dengan sabar memberikan petunjuk dan bimbingan kepada penulis selama penyusunan skripsi.
3. Drs. I Nyoman Ruja, SU selaku pembimbing II yang dengan perhatiannya telah memberikan arahan dan motivasi kepada penulis sehingga penyusunan skripsi ini selesai.
4. Dr. Sumarmi, M. Pd selaku dewan penguji yang telah memberikan saran dan masukan untuk perbaikan skripsi.
5. Ibu Wiwin, Ibu Purwanti, Pak Harto selaku guru bidang studi geografi di SMA Negeri 9 Malang atas kerjasamanya dalam pengambilan data.
6. Bapak dan Ibu tercinta yang dengan kasih sayang, pengorbanan, dan do'a yang tulus ikhlas untuk kesuksesan anaknya. Semoga selalu berada dalam karunia dan Rahmat Allah.
7. Keluarga besar, kakak-kakak, dan ponakanku tercinta yang memberikan dukungan dan semangat lahir dan batin. Semoga kita selalu dalam Hidayah-Nya dan diberikan keistiqamahan dalam melakukan ketaatan.
8. Siswa kelas X6 SMA Negeri 9 Malang, yang telah bekerja sama demi suksesnya penelitian ini.
9. Rekan-rekan seperjuangan Geografi 2003 yang masih tersisa (Beni, Subaidi, Adi, Fauzi, Lilik, Yati, Azhari, In'am, dan yang lainnya) atas motivasi dan dukungannya.
10. Rekan-rekan di kosan T. Ijen 2B (Pak Didin, Zaini, Maman, Pholala, Yayanx, Danil, Pa'ong dan yang lainnya), terimakasih atas semangat dan do'anya.
Disadari bahwa skripsi ini masih banyak kelemahan, maka koreksi yang membangun dari berbagai pihak sangat diharapkan. Semoga skripsi ini mendatangkan manfaat bagi pembaca, amin.
Malang, Juni 2008
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
ABSTRAK...................................................................................................... i
KATA PENGANTAR................................................................................... ii
DAFTAR ISI.................................................................................................. iv
DAFTAR TABEL.......................................................................................... vi
DAFTAR GAMBAR..................................................................................... vii
DAFTAR LAMPIRAN................................................................................. viii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang......................................................................... 1
B. Rumusan Masalah..................................................................... 6
C. Tujuan....................................................................................... 6
D. Manfaat Penelitian ................................................................... 6
E. Definisi Operasional................................................................. 6
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Pembelajaran Kooperatif.......................................................... 8
B. Motivasi Belajar....................................................................... 15
C. Hasil Belajar............................................................................. 19
D. Keterkaitan antara Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI dengan Motivasi dan Hasil Belajar............................................................................. 20
BAB III METODE PENELITIAN
A. Jenis Penelitian......................................................................... 23
B. Subyek Penelitian..................................................................... 23
C. Rancangan Penelitian............................................................... 23
D. Instrumen Penelitian................................................................ 28
E. Teknik Pengumpulan Data....................................................... 29
F. Teknik Analisis Data................................................................ 29
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi Pelaksanaan Tindakan.............................................. 31
B. Deskripsi Data Penelitian......................................................... 43
C. Analisis Data............................................................................ 49
D. Temuan Hasil Penelitian........................................................... 51
E. Pembahasan.............................................................................. 52
BAB V PENUTUP
A. Kesimpulan.............................................................................. 57
B. Saran........................................................................................ 57
DAFTAR RUJUKAN.................................................................................... 58
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN................................................... 60
LAMPIRAN-LAMPIRAN............................................................................ 61
SURAT IJIN PENELITIAN........................................................................ 118
SURAT KETERANGAN PENELITIAN................................................... 119
RIWAYAT HIDUP........................................................................................ 120
DAFTAR TABEL
Tabel Halaman
3.1 Teknik Analisis Data.................................................................................. 30
3.2 Penentuan Taraf Keberhasilan Tindakan.................................................... 30
4.1 Data Aktivitas Siswa Siklus I..................................................................... 43
4.2 Taraf Keberhasilan Tindakan Siklus I........................................................ 44
4.3 Data Aktivitas Siswa Siklus II................................................................... 44
4.4 Taraf Keberhasilan Tindakan Siklus II....................................................... 45
4.5 Hasil Belajar Siswa Siklus I........................................................................ 46
4.6 Hasil Belajar Siswa Siklus II...................................................................... 47
4.7 Hasil Analisis Angket Siswa ..................................................................... 49
DAFTAR GAMBAR
Gambar Halaman
3.1 Bagan Penelitian Kelas.............................................................................. 24
4.1 Grafik Peningkatan Aktivitas Tipe TAI..................................................... 50
4.2 Grafik Peningkatan Hasil Belajar............................................................... 51
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran Halaman
1. RPP Siklus I............................................................................................... 61
2. RPP Siklus II.............................................................................................. 65
3. Soal Siklus I................................................................................................ 69
4. Jawaban Siklus I......................................................................................... 70
5. Soal Siklus II.............................................................................................. 71
6. Jawaban Siklus II....................................................................................... 72
7. Lembar Observasi Aktivitas Siswa............................................................. 73
8. Hand Out Siklus I....................................................................................... 75
9. Hand Out Siklus II..................................................................................... 84
10. Placement Test Siklus I.............................................................................. 89
11. Placement Test Siklus II............................................................................. 90
12. Format Catatan Lapangan.......................................................................... 91
13. Catatan Lapangan Siklus I......................................................................... 92
14. Catatan Lapangan Siklus II........................................................................ 93
15. Hasil Observasi Pembelajaran Kooperatif Siklus I..................................... 94
16. Hasil Observasi Pembelajaran Kooperatif Siklus II................................... 96
17. Data Nilai Siswa pra Tindakan................................................................... 98
18. Data Nilai Tes Siswa Siklus I..................................................................... 99
19. Data Nilai Tes Siswa Siklus II.................................................................... 100
20. Format Angket Siswa................................................................................. 101
21. LKS Siklus I............................................................................................... 102
22. Lembar Jawaban LKS Siklus I................................................................... 104
23. LKS Siklus II............................................................................................. 110
24. Lembar Jawaban LKS Siklus II................................................................. 112
25. Foto-foto Penelitian.................................................................................... 115
Teks Penuh: DOC PDF