SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Quantum Teaching Dengan Teknik Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA Negeri 01 Batu

Dini Cahya Wulanningtyas

Abstrak


ABSTRAK

 

Wulanningtyas, Dini Cahya. 2013. Pengaruh Model Quantum Teaching Dengan Teknik Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA Negeri 01 Batu. Skripsi, Jurusan Geografi, FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si., (II) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto, M.Si         

 

Kata kunci:  Model Quantum Teaching, Teknik Mind Mapping, Hasil Belajar Geografi

 

Proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik jika didukung lingkungan yang kondusif. Selain itu, proses pembelajaran yang baik dapat terjadi apabila peran guru dan siswa terbagi dalam porsi seimbang sesuai dengan paradigma pendidikan saat ini, yaitu konstruktivistik. Saat ini proses pembelajaran masih menempatkan siswa sebagai objek dan bukan sebagai subjek belajar. Kondisi demikian akan menjadikan belajar sebagai suatu beban karena ketidaknyamanan dalam prosesnya. Salah satu langkah untuk menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan adalah dengan menggunakan Model Quantum Teaching dengan teknik Mind Mapping. Model Quantum Teaching dengan teknik Mind Mapping akan lebih mengoptimalkan kemampuan siswa dalam belajar geografi dibanding dengan siswa yang hanya belajar menggunakan teks book atau handout.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan menggunakan Pretest-posttest Control Group Design. Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan Model Quantum Teaching  dengan teknik Mind Mapping dan siswa yang belajar menggunakan Model Guided Note Taking di SMA Negeri 1 Batu. Subjek penelitian terdiri dari satu kelas eksperimen yaitu kelas X-3 dan satu kelas kontrol yaitu kelas X-1. Instrumen penelitian berupa tes yang terdiri dari prates dan pascates. Teknik analisis data menggunakan Uji Independent Sample t-Test dengan SPSS 16.00 for Windows.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa skor hasil belajar geografi siswa yang menggunakan Model Quantum Teaching dengan teknik Mind Mapping lebih tinggi daripada skor hasil belajar geografi siswa yang menggunakan Model Guided Note Taking. Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa penggunaan Model Quantum Teaching dengan teknik Mind Mapping berpengaruh pada hasil belajar Geografi siswa.

Saran yang diajukan untuk guru bidang studi Geografi adalah menjadikan Model Quantum Teaching dengan teknik Mind Mapping sebagai sebagai variasi Model pembelajaran karena berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah menerapkan Model Quantum Teaching dengan teknik Mind Mapping pada materi yang berbeda dalam bidang studi geografi  dan jenjang kelas yang lebih tinggi, serta  menerapkan kombinasi Model dan media pembelajaran yang lebih variatif sehingga tampak pengaruh yang besar terhadap hasil belajar siswa dan memperoleh manfaat yang lebih besar  dari Model Quantum Teaching dengan teknik Mind Mapping.