SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Pada Materi Pelestarian Lingkungan Hidup Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang

Galuh Maulidiyahwarti

Abstrak


ABSTRAK

 

Maulidiyahwarti, Galuh. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Pada Materi Pelestarian Lingkungan Hidup Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang.Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sudarno Herlambang, M.Si, (II) Drs. Dwiyono Hari Utomo, M.Pd, M.Si

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar Geografi.

 

Tujuan penelitian ini untukmeningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat kali pertemuan. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPS 2 SMAN 1 Lawang pada bulan Maret sampai April 2013.

Observasi awal menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Lawang tergolong rendah. Hal ini tampak pada rata-rata hasil belajar siswa hanya 66,9dengan ketuntasan klasikal 46.8%. Oleh karena itu diperlukan sebuah tindakan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning mampu meningkatkan hasil belajar Geografi siswakelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Lawang pada materi Pelestarian Lingkungan Hidup. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata  hasil belajar siswa pada prasiklus mencapai 66,9 dan pada siklus I mencapai 75,2 atau meningkat sebesar12,4 %. Rata-rata hasilbelajarsiswapadasiklus II mencapai 86,7atau meningkat15,4% dari siklus I ke siklus II.Ketuntasan klasikal siswa pada prasiklus mencapai 46,8% meningkat menjadi 71,8% pada siklus I dan meningkat menjadi 87,5% pada siklus II.

Penelitian ini menunjukkan bahwa model Problem Based Learning mendorong siswa untuk bekerjasama dengan siswa lain dan memungkinkan siswa untuk menghubungkan materi dengan situasi dunia nyata. Oleh sebab itu disarankan kepada para guru geografi untuk menerapkan model Problem Based Learning agar kualitas pembelajaran geografi semakin meningkat. Kepada peneliti selanjutnya disarankan agar melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar pada materi pembelajaran lain.