SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

POTENSI AIR TANAH DESA SIDOHARJO KECAMATAN JAMBON KABUPATEN PONOROGO

Harum Suryani

Abstrak


ABSTRAK

 

Suryani, Harum. 2013. Potensi Air Tanah Desa Sidoharjo Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Bagus Setiabudi Wiwoho, S.Si, M. Si (II) Drs. Rudi Hartono, M.Si

 

Kata kunci: air tanah, potensi, dan pumping test

 

Kabupaten Ponorogo adalah salah satu kabupaten yang sebagian daerahnya mengalami kekurangan atau disebut dengan kondisi air tanah langka. Salah satu contohnya terjadi di Desa Sidoharjo  kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo. Desa Sidoharjo merupakan desa dengan air tanah langka (RTRW Kabupaten Ponorogo 2012-2032). Penduduk Desa Sidoharjo sebanyak 50% menggunakan air tanah untuk memenuhi kebutuhan air bersih yang diambil dari sumur-sumur gali. Ketersediaan air tanah di tempat tersebut sering mengalami kekurangan sekitar bulan November hingga Desember sehingga membutuhkan bantuan air bersih dari PDAM Kabupaten Ponorogo. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dibutuhkan sebuah penelitian yang mengkaji tentang potensi air tanah di desa tersebut.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif komparatif dengan metode survei. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui potensi air tanah Desa Sidoharjo, besarnya rata-rata jumlah kebutuhan air bersih domestik penduduk Desa Sidoharjo. Data penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Data primer berupa data potensi air tanah bebas yang didapatkan dengan melakukan penelitian di lapangan, sedangkan data sekunder berupa jumlah kebutuhan air bersih penduduk Desa Sidoharjo yang didapatkan dari penelitian terdahulu yang sejenis.

Berdasarkan hasil pengukuran yang menggunakan metode pumping test, diperoleh nilai transmisivitas akifer Desa Sidoharjo 62,08 m2/hari, sedangkan permeabilitasnya adalah 0,639 m/hari. Selain itu juga ditemukan bahwa endapannya berupa pasir lempungan sehingga kemampuan utuk meoloskan airnya rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi air tanah di Desa Sidoharjo adalah 372.698 liter/hari. Total jumlah pemakai air tanah bebas yang berasal dari sumur gali sebanyak 3494 jiwa. Dengan menggunakan dasar bahwa kebutuhan air bersih domestik sebesar 75 liter/orang/hari maka total kebutuhan air domestik penduduk Desa Sidoharjo yang menggunakan sumur gali sebesar 262.020 liter/hari. Dengan demikian potensi air tanah bebas dapat memenuhi kebutuhan penduduk pemakai sumur gali di Desa Sidoharjo Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo.

Hasil penelitian ini hanya berlaku untuk bulan basah saja dikarenakan penelitian dilakukan pada akhir bulan basah. Namun berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui terdapat air tanah bebas yang dapat ditampung yaitu sebesar 110.678 liter/hari. Air tersebut dapat ditampung pada bak-bak penampungan untuk mempersiapkan bulan-bulan kering.