SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI POKOK BAHASAN LITOSFER KELAS X-3 DI SMAN 01 BATU

Eka Setyawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Setyawati, Eka. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Pokok Bahasan Litosfer Kelas X-3 di SMAN 01 Batu. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Marhadi Slamet Kristiyanto, M.Si, (2) Drs. Yusuf Suharto

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Jigsaw, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar

 

Pembelajaran seharusnya berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif justru berlangsung sebaliknya di kelas X-3 pada mata pelajaran Geografi. Berdasarkan observasi awal yang dilaksanakan pada bulan Agustus 2012 di kelas X-3 diketahui bahwa aktivitas belajar siswa kelas tersebut tergolong kurang. Selain aktivitas belajar, hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi juga rendah dengan rata-rata kelas 65,4 dan dari 28 siswa yang mencapai KKM hanya 8 siswa. Cara mengatasi permasalahan pembelajaran tersebut yakni dengan menerapkan model pembelajaran Jigsaw yang dipilih karena sesuai dengan karakteristik materi dan karakteristik siswa kelas X-3.

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Geografi kelas X-3 SMA Negeri 1 Batu, (2) peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi Kelas X-3 SMA Negeri 1 Batu. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalan 2 siklus yang dilaksanakan pada bulan Januari dan Februari 2013. Model yang diterapkan adalah model pembelajaran Jigsaw yang dilaksanakan pada pokok bahasan Litosfer. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X-3 yang berjumlah 28 siswa.

Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X-3 pada mata pelajaran Geografi. Peningkatan aktivitas belajar terhadi pada siklus pertama dan siklus kedua. Peningkatan hasil belajar juga terjadi dari pra tindakan ke siklus pertama dan dari siklus pertama ke siklus kedua.

Berdasarkan hasil tersebut, saran yang diberikan yakni; 1) model pembelajaran Jigsaw bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Geografi pokok bahasan Litosfer, 2) model pembelajaran Jigsaw bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi pokok bahasan Litosfer.