SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS TEKS GEOGRAFI SMA KELAS X SEMESTER 1 STANDAR KOMPETENSI MEMAHAMI KONSEP, PENDEKATAN, PRINSIP, DAN ASPEK GEOGRAFI

Binti Mu'alifah

Abstrak


ABSTRAK

 

Mu’alifah, Binti. 2013. Analisis Teks Geografi SMA Kelas X Standar Kompetensi Memahami Konsep, Pendekatan, Prinsip, dan Aspek Geografi. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Edy Purwanto, M.Pd, (II) Drs. I Komang Astina, M.S, Ph.D

 

Kata Kunci: analisis teks, hakikat geografi, kesesuaian isi materi dengan kurikulum, kebenaran konsep, kebenaran bahasa, fungsi media

 

Buku teks termasuk bahan belajar dan dijadikan sebagai acuan dalam pembelajaran. Buku teks berpengaruh penting dalam dunia pendidikan. Buku teks yang terstandar dapat meningkatkan kualitas pendidikan nasional. Penggunaan buku teks di sekolah telah diatur oleh Mendiknas dan dinilai oleh BSNP. Buku teks geografi yang ada masih memiliki banyak kesalahan. Beberapa penelitian tentang analisis buku teks menunjukkan bahwa buku teks geografi masih berkualitas rendah. Analisis awal terhadap materi Hakikat Geografi yang telah dilakukan menunjukkan adanya kesalahan meliputi penyajian isi materi, penyajian konsep, penggunaan bahasa, dan fungsi media sehingga teks tersebut perlu dikaji lebih lanjut agar pembaca mengetahui ragam kesalahan yang ada dalam teks dan lebih selektif dalam memilih buku teks geografi.

Penelitian ini merupakan penelitian analisis isi, yaitu suatu teknik untuk menganalisis teks yang isi datanya valid dan konsisten. Sumber data dalam penelitian ini yakni buku teks Geografi 1 SMA Kelas X karangan Yusman Hestiyanto yang banyak digunakan di SMA/MA Kota Kediri. Tujuan penelitian ini yaitu mengkaji kesesuaian isi materi dengan kurikulum, kebenaran konsep, kebenaran bahasa, dan kemanfaatan media yang terdapat dalam teks Bab 1 Hakikat Geografi. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan pedoman analisis teks.

Berdasarkan analisis data, hasil yang diperoleh sebagai berikut. Pertama, kesesuaian isi materi tergolong rendah, sebesar 26,5 % materi tidak sesuai dengan kurikulum. Kedua, kebenaran konsep baik konkret maupun terdefinisi tergolong rendah. Seluruh konsep konkret dalam materi dinyatakan salah berupa konsep konkret yang didefinisikan dan tidak disertai gambar. Kesalahan konsep terdefinisi sebesar 70,4 % berupa pendefinisian konsep yang tidak tepat. Ketiga, ketepatan penggunaan bahasa (tanda baca, kosa kata, kalimat, dan paragraf) tergolong rendah. Keempat, kemanfaatan media tergolong rendah karena sebagian besar media grafis yang ada tidak berfungsi.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut diajukan saran kepada: 1) Guru, seharusnya mengkaji buku teks geografi yang akan digunakan dalam pembelajaran terlebih dahulu sehingga sesuai dengan tujuan pembelajaran. 2) Penulis buku, perlu merevisi teks materi Hakikat Geografi yang ditulis terkait dengan penyajian konsep. 3) Penerbit, harus menerbitkan buku yang valid dan selektif.