SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS TEKS BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) GEOGRAFI KELAS X SMA TERBITAN DEPDIKNAS PADA MATERI LITOSFER DAN PEDOSFER

Puput Cahyaningtias

Abstrak


ABSTRAK

 

Cahyaningtias, Puput. 2013. Analisis Teks Buku Sekolah Elektronik (BSE) Geografi Kelas X SMA Terbitan Depdiknas pada Materi Litosfer dan Pedosfer. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Edy Purwanto, M.Pd, (II) Drs. J.P. Buranda, M.Si.

 

Kata Kunci: analisis BSE, litosfer danpedosfer, kebenaran konsep, kebenaran bahasa, kesesuaian fungsi media

 

Buku teks berperan penting bagi guru maupun siswa dalam pembelajaran. BSE adalah salah satu buku teks yang beredar di masyarakat yang hak ciptanya telah dibeli oleh Mendiknas. BSE Kelas X yang banyak digunakan di SMA Negeri di Kota Malang merupakan  karanganEndarto, dkk. Kualitas BSE telah dinilai oleh BSNP. Namun, BSE tersebutternyata masih mengandung banyak kesalahan terkait penyajiannya.Oleh karena itu, perlu adanya analisis lebih lanjut untuk mengaji kekurangan dan kelebihan dari BSE.

Penelitian ini bertujuan untuk mengaji kebenaran konsep, bahasa, dan kesesuaian fungsi media yang terdapat dalam BSE karangan Endarto, dkk.pada materi litosfer dan pedosfer.Dengan demikian, kualitas BSE yang dianalisis dapat diketahui.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitiancontent analysis, yaitu penelitian yang ditujukan untuk menganalisis dokumen resmi atau aktual yaitu  dokumen yang validitas dan keabsahannya diragukan. Data penelitian ini berupa jumlah konsep dan tata bahasa yang salah, serta media yang tidak berfungsi. Data dikumpulkan menggunakan instrumen berupa pedoman analisis. Data tersebut kemudian dianalisis dengan mencocokkannya dengan rubrik penilaian teks.

Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: pertama, kesalahan konsep dibagi menjadi 2, yaitu: terdapat 10 konsep terdefinisi yang salah dari 30 konsep yang ada dan60 konsep konkretyang salah dari 67 konsep yang ada pada BSE; kedua, kesalahan bahasa meliputi: 153 penggunaan tanda baca, 104 penggunaan kosakata, 161 penulisan kalimat, dan 21 penulisan paragraf; ketiga, sebagian besar media berfungsi sebagai pemantapan pemahaman. Terdapat 6 gambar yang tidak berfungsi dan 24 gambar yang berfungsi dari 30 media.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut diajukan saran kepada: 1) guru, harus mengaji buku teks geografi dengan baik, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai; 2) penulis buku, perlu merevisi BSE yang ditulis dan lebih teliti dalam menyajikan konsep; 3) Pusat Perbukuan Depdiknas, penilaian kualitas buku harus lebih ketat dan objektif.