SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI SMA Panjura Malang

Wahyu Rahmawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahmawati, Wahyu. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI SMA Panjura Malang. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto, M.Si, (II) Dr. Budijanto, M.S.

 

Kata Kunci: Model Problem Based Learning dan Hasil Belajar.

 

Pembelajaran yang berorientasi pada pembelajar selalu menempatkan siswa pada objek yang kurang menguntungkan. Siswa hanya menyimak dan mendengar penjelasan pembelajar. Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP) 2004 karena seluruh siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar geografi kelas XI IPS di SMA Panjura Malang.

Jenis penelitian ini berupa penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan menggunakan dua kelompok yaitu, kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol. Subjek yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS, yaitu XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data diperoleh dari tes yang berupa pretes dan postes yang selanjutnya selisih antara pretes dan postes (gain score) ini digunakan untuk pengujian hipotesis. Analisis data menggunakan uji t dengan uji statistik Independend Sampel Test dengan bantuan SPSS for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa di SMA Panjura Malang. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata perolehan hasil belajar siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran Problem Based Learning yaitu 67,00 lebih tinggi daripada dengan model konvensioal yaitu 63,20.

Kesimpulan dari penelitian ini bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap hasil belajar geografi siswa. Sehingga pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih efektif terhadap hasil belajar dibandingan dengan pembelajaran yang biasa digunakan.