SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK PENGEMBANGAN BUDIDAYA TANAMAN BROKOLI (BRASSICA OLERACEA VAR ITALICA) DI KECAMATAN SENDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG

Fuat Asfari

Abstrak


ABSTRAK

 

Asfari, Fuat. 2013. Evaluasi Kesesuaian Lahan untuk Pengembangan Budidaya Tanaman Brokoli (Brassica Oleracea Var Italica) Di Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungangung. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Ir. Juarti, M.P, (II) Drs. Johanis Paluin Buranda, M.Si.

 

Kata kunci : evaluasi, kesesuaian lahan, brokoli

 

Kecamatan Sendang merupakan wilayah Kabupaten Tulungagung yang berada di lereng Gunung Willis. Pemerintah Kabupaten Tulungagung mencanangkan kawasan agropolitan di kecamatan Sendang yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan petani. Program yang dicanangkan adalah pengembangan 23 jenis sayuran yang tergolong baru di wilayah Sendang. Salah satu jenis sayuran yang akan dikembangkan adalah brokoli. Evaluasi kesesuaian lahan perlu dilakukan untuk mengetahui lokasi dan pengelolaan yang tepat untuk budidaya tanaman brokoli.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik lahan dan tingkat kesesuaian lahan untuk tanaman brokoli di Kecamatan Sendang. Penelitian merupakan jenis penelitian survai. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, pengukuran di lapangan dan uji laboratorium. Sampel penelitian adalah hasil overlay Peta Jenis Tanah, Peta Kemiringan Lereng dan Peta Penggunaan Lahan. Berdasarkan hasil overlay tersebut maka ditentukan 4 sampel penelitian menggunakan purposive sampling. Metode analisis penelitian ini adalah analisis data matching yaitu membandingkan hasil pengukuran pada setiap unit lahan penelitian dengan pedoman klasifikasi kesesuaian lahan tanaman brokoli BBPPSLP Bogor (2009).

Hasil penelitian menunjukkan karakteristik satuan lahan daerah penelitian yaitu temperatur rata-rata 22,720 C-26,730C, curah hujan rata-rata 2806,54 mm/tahun, kelembapan udara 77,83%, drainase antara agak baik sampai agak terhambat, tektur liat dan lempung berliat, bahan kasar 50, nilai KTK liat antara 27,46-42,11, kejenuhan basa antara 27%-35%, pH H2O antara 6-5,5, nilai C-Organik antara 0,48%-0,92%, nilai salinitas antara 3,25-4,12, alkalinitas antara 0,82%-1,13%, kemiringan lereng antara 2%-25%, bahaya erosi termasuk sangat ringan sampai sedang, tidak pernah mengalami banjir, batuan di permukaan