SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 5 Malang Pada Mata Pelajaran Geografi

Ana Sulthonah Mutmainah,

Abstrak


ABSTRAK

 

Mutmainah, Ana Sulthonah. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 5 Malang pada Mata Pelajaran Geografi. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Budi Handoyo, M.Si, (II) Drs. Hendri Purwito, M.Si.

 

Kata Kunci: Penerapan, Group Investigation, Kemampuan Berpikir Kritis.

 

Upaya pencapaian tujuan pendidikan secara khusus dalam konteks pembelajaran adalah dengan memberi keteladanan, membangun kemauan, dan mengembangkan kreativitas serta kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kemampuan berpikir kritis dapat dikembangkan dalam mata pelajaran geografi karena dalam mata pelajaran ini siswa tidak hanya belajar untuk mampu menghafal konsep melainkan juga mampu menerapkannya dalam memahami serta menyelesaikan permasalahan dari suatu fenomena yang ada di sekitar.

Berdasarkan  hasil observasi awal, kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 2 di SMAN 5 Malang rendah. Hal ini tampak pada rata-rata nilai tes kemampuan berpikir kritis siswa hanya 65 dengan daya serap klasikal 7%. Oleh karena itu diperlukan sebuah tindakan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan pembelajaran Group Investigation (GI). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus pembelajaran yang masing-masing siklus terdiri dari 6 kali pertemuan. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPS 2 SMAN 5 Malang pada bulan Februari sampai Maret 2013.

Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran GI mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 5 Malang pada materi Pelestarian Lingkungan Hidup dalam Kaitannya dengan Pembangunan Berkelanjutan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata tes kemampuan berpikir kritis siswa yang meningkat sebesar 10,77 % dari pra siklus ke siklus I dengan rata-rata nilai 65 pada pra siklus menjadi 72 pada siklus I. Sedangkan dari siklus I ke siklus II rata-rata nilai tes kemampuan berpikir kritis siswa semakin meningkat sebesar 15,3 % dengan nilai rata-rata 72 pada siklus I menjadi 83 pada siklus II.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada para guru geografi untuk mencoba menerapkan model ini agar kualitas pembelajaran geografi semakin meningkat. Kepada peneliti selanjutnya agar melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation (GI) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi pembelajaran lain yang sesuai dengan variabel, subyek, waktu, dan masalah yang berbeda.