SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar pada Matapelajaran Geografi Siswa Kelas X-3 SMA Negeri 1 Kepanjen

Ruri Kusumawardhani

Abstrak


ABSTRAK

 

Kusumawardhani, Ruri. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar pada Matapelajaran Geografi Siswa Kelas X-3 SMA Negeri 1 Kepanjen. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Achmad Fatchan, M.Pd, M.Si, (II) Dr. Budijanto, M.Sos.

 

Kata Kunci: pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together, keaktifan, hasil belajar.

 

Berdasarkan hasil observasi awal pada tanggal 24 Oktober 2012 di kelas X-3 SMA Negeri 1 Kepanjen diketahui nilai hasil belajarnya rendah yaitu kurang dari SKM yang ditentukan > 76. Hal tersebut dilihat dari hasil nilai Ulangan Harian (UH) siswa kelas X-3 yang mendapatkan nilai di atas 76 sebanyak 11 siswa dan 21 siswa lainnya mendapatkan nilai di bawah 76. Selain itu, sebagian besar kegiatan belajar mengajar (KBM) masih didominasi oleh guru atau dapat dikatakan guru aktif, sedangkan siswa hanya duduk, mendengarkan, mencatat bahkan ada sebagian siswa yang diam dengan keadaan mengantuk sehingga siswa terlihat kurang aktif belajar. Keaktifan belajar siswa dalam penelitian ini hanya dibatasi pada empat aspek, yaitu dalam hal bertanya, menjawab pertanyaan, mengemukakan pendapat dan bekerja secara kelompok.

Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan beberapa siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap kegiatan, yang meliputi perencanaan kegiatan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan melalui tes setiap akhir siklus dan observasi yang berpedoman pada lembar observasi keaktifan belajar siswa dan keterlaksanaan pembelajaran model Numbered Heads Together (NHT). Penelitian dilakukan dikelas X-3 SMA Negeri 1 Kepanjen dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang, pada materi Hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT)  ketuntasan klasikal hasil belajar siswa meningkat pada siklus I bila dibandingkan dengan data awal, akan tetapi masih terdapat beberapa hal yang perlu diperbaiki. Dengan adanya perbaikan dari hasil refleksi siklus I, ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus II sudah mencapai target yang ditentukan.Sedangkan ketuntasan klasikal keaktifan belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Geografi kelas X-3 SMA Negeri 1 Kepanjen, dalam materi Hidrosfer baik secara individu ataupun klasikal. Adapun yang perlu diperhatikan dalam penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) yakni pengelolaan kelas dan manajemen waktu yang baik agar semua tahapan dalam Numbered Heads Together (NHT) dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.