SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Snowballing terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Malang

BOBY SETYAWAN

Abstrak


ABSTRAK

Setyawan, Boby. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Snowballing terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Malang. Skripsi, Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Marhadi Slamet Kistiyanto, M. Si, (II) Dr. Budijanto, M.Sos.

 

Kata Kunci: snowballing, hasil belajar, geografi.

 

Pembelajaran kooperatif merupakan alternatif dalam pembelajaran yang dapat menstimulasi siswa agar dapat terlibat secara aktif dan saling memberikan dukungan satu sama lain dalam kerja kelompok untuk menuntaskan materi yang dipelajari. Snowballing merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan mampu mengembangkan kemampuan berpikir siswa. Model pembelajaran ini digunakan dalam menemukan kesimpulan yang dihasilkan dari diskusi secara bertingkat, dimulai dari kelompok kecil kemudian dilanjutkan dengan kelompok yang lebih besar. Pada pelajaran geografi di SMA Negeri 1 Malang, guru cenderung lebih aktif daripada siswa. Hasil Ulangan Tengah Semester (UTS) menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran geografi masih cukup rendah.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Snowballing terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Malang.

Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPS 1 dam XI IPS 2 SMA Negeri 1 Malang tahun ajaran 2012/2013. Pnelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang dikembangkan dengan pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes uraian untuk mengukur hasil belajar siswa. Data yang akan diuji dalam penelitian ini yaitu gain score hasil belajar siswa. Gain score tersebut selanjutnya dianalisis menggunakan uji t-test yang diselesaikan dengan bantuan SPSS 16.00 for Windows.

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Rata-rata gain score hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran Snowballing terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Malang.

Terkait hasil penelitian tersebut, maka disarankan agar guru memilih model pembelajaran Snowballing sebagai alternatif model pembelajaran sebagai variasi dalam melaksanakan pembelajaran Geografi di kelas. Bagi peneliti berikutnya agar penelitian ini bisa menjadi referensi untuk melakukan penelitian lanjutan yang lebih baik.