SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Think-Pair-Share dan Pemberian Advance Organizer terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Malang

IBRAHIM SAID

Abstrak


ABSTRAK

 

Said, Ibrahim. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share dan Pemberian Advance Organizer terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Malang. Skripsi, Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Hadi Soekamto, SH, M.Pd, M.Si. (II) Drs. Yusuf Suharto.

 

Kata Kunci: think pair share, advance organizer, hasil belajar.

 

Pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran dimana siswa bekerja dalam kelompok-kelompok yang saling membantu untuk mempelajari materi pelajaran. Salah satu tujuan pembelajaran kooperatif adalah untuk memberikan siswa pengetahuan, konsep, kemampuan, dan pemahaman yang dibutuhkan agar dapat menjadi anggota masyarakat yang bahagia dan memberikan kontribusi.Think pair share merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpikir secara mandiri, merespon/menjawab, dan bekerja sama dengan yang lain mampu meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Advance organizer dapat membantu siswa untuk mencari konsep yang relevan dalam struktur memorinya agar dapat dipadukan dengan konsep yang terdapat dalam bahan baru atau yang akan dipelajari, sehingga dapat meningkatkan pemahaman. Dengan demikian gabungan keduanya berpotensi memberikan suasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think pair share dan pemberian advance organizer terhadap hasil belajar geografi siswa Kelas X SMA Negeri 1 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang dikembangkan dengan pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini yakni kelas X-8 sebagai kelas eksperimen 1, kelas X-5 sebagai kelas eksperimen 2 dan kelas X-1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes uraian untuk mengukur hasil belajar siswa. Data yang akan diuji dalam penelitian ini yaitu gain score hasil belajar siswa. Gain score tersebut selanjutnya dianalisis menggunakan one ways analysis of variance  yang diselesaikan dengan bantuan SPSS 16.00 for Windows. Sebelum di lakukan pengujian analisis terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas dan homogenitas.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar (gain score) kelas eksperimen 1 sebesar 38,28 lebih tinggi dibandingkan hasil belajar geografi (gain score) kelas eksperimen 2 sebesar 33,31 dan hasil belajar geografi (gain score) kelas kontrol sebesar 28,42. Nilai probabilitas (signifikansi) 0,000 < 0,05, hal ini berarti terdapat pengaruh model pembelajaran think pair share dan pemberian advance organizer terhadap hasil belajar geografi siswa Kelas X SMA Negeri 1 Malang.

Terkait hasil penelitian tersebut, disarankan bagi sekolah untuk mengadakan pelatihan, seminar maupun Lesson Study terhadap guru-guru tentang pembelajaran konstruktivisme, khususnya model pembelajaran think pair share dalam kegiatan pembelajaran dan penerapan advance organizer yang baik. Bagi guru Geografi dapat menggunakan model pembelajaran think pair share dan pemberian advance organizer sebagai alternatif model pembelajaran dengan cara menyelipkan atau mengganti model pembelajaran yang terdapat dalam RPP. Bagi peneliti lanjut yang berminat meneliti model pembelajaran think pair share dan pemberian advance organizer disarankan untuk menambah variabel penelitian dan mengelola waktu agar penerapannya dapat terlaksana dengan baik.