SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) BERBANTUAN MEDIA MOVIE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SMA NEGERI 2 TRENGGALEK

SULUK FITHRIA NUR RAHMAN

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahman, Suluk Fithria Nur. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Berbantuan Media Movie Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Geografi Kelas X SMA Negeri 2 Trenggalek. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sudarno Herlambang, M.Si (II) Purwanto, S.Pd, M.Si

 

Kata kunci:  keaktifan, hasil belajar, model pembelajaran PBI berbantuan media movie

 

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SMAN 2 Trenggalek pada tanggal 7 Januari 2013 dan 11 Februari 2013, diketahui bahwa pembelajaran yang ada di kelas X-D belum mengajak siswa untuk lebih berpartisipasi aktif dalam mengemukakan pendapat siswa saat berlangsungnya diskusi maupun saat proses pembelajaran. Hanya terdapat 6 siswa yang aktif bertanya, berpendapat 8 siswa, dan menjawab 5 siswa dalam kegiatan pembelajaran.Hasil UAS kelas X-D pada semester 1 yaitu sebanyak 20 siswa (57,14%) dari 35 siswa memiliki hasil UAS dibawah nilai 70. Keaktifan dan hasil belajar yang rendah tersebut dapat diperbaiki dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) berbantuan Media Movie karena model ini mengajak siswa lebih aktif dalam kegiatan diskusi dan membangun pengembangan pengetahuan siswa.

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) berbantuan Media Movie. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Subjek penelitian yaitu siswa kelas X-D SMA Negeri 2 Trenggalek yang berjumlah 35 siswa.Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Pengambilan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara, dan tes tulis. Keaktifan siswa diukur menggunakan instrumen pedoman lembar observasi, sedangkan untuk mengukur hasil belajar siswa  menggunakan tes. Analisis  data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif.

Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa ada peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X-D SMA Negeri 2 Trenggalek. Rata-rata persentase keaktifan kelompok sebesar 80% (cukup) pada siklus I meningkat menjadi 90,22% (baik) pada siklus II. Keaktifan belajar siswa pada siklus I sebesar 77,78% kemudian meningkat menjadi 88,70% pada siklus II, hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 76,09 dan meningkat pada siklus II sebesar 86,63.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) berbantuan Media Movie dapat digunakan sebagai alternative dalam pembelajaran. Guru  dalam menerapkan model ini perlu  memperhatikan alokasi waktu, kondisi kelas, dan memantau setiap kelompok agar tidak ada kelompok yang kesulitan saat diskusi.