SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share dengan Media Gambar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Gografi Kelas XI IPS SMA Negeri 02 Batu

Desi Anccillina

Abstrak


ABSTRAK

 

Anccillina, Desi. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share dengan Media Gambar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Gografi Kelas XI IPS SMA Negeri 02 Batu. Skripsi, Jurusan Geografi FIS, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Hadi Soekamto, SH, M.Pd, M.Si, (II) Drs. Sudarno Herlambang, M.Si.

 

Kata kunci: think pair share (TPS), media gambar, kemampuan berpikir kritis

 

Kemampuan siswa dalam berpikir kritis belum begitu diperhatikan dalam pembelajaran, sedangkan pembelajaran yang dilakukan menuntut siswa untuk membangun sendiri pemahamannya.Oleh karena itu perlu adanya pembelajaran yang dapat menumbuhkan peran aktif siswa untuk ikut serta dalam kegiatan berpikir sehingga siswa dapat berpikir kritis.Hal tersebut sesuai apabila menerapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan media gambar. Keunggulan dari model ini adalah menghendaki siswa lebih banyak berpikir baik secara individu maupun berpasangan, menjawab, dansaling membantu untuk menyelesaikan permasalahan yang disajikan dalam bentuk gambar. Dengan demikian dapat menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran Think Pair Share dengan media gambar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Gografi kelas XI IPS SMA Negeri 02 Batu. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (semu (Quasi Exsperiment) dengan mengambil subjek penelitian dua kelas yaitu kelas XI IPS 3 sebagai kelas ekperimen dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes untuk pretest dan posttest.  Teknik analisis yang digunakan adalah uji beda atau uji t untuk 2 sampel tidak berpasangan (Independent samples t test) yang diselesaikan dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows.

Hasil penelitian penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis siswa antara kelas ekperimen dengan kelas kontrol. Hasil analisis data diketahui bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas ekperimen lebih baik dibandingkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas kontrol. Rata-ratagain score kelas ekperimen sebesar 18,86 sedangkan pada  kelas kontrol memiliki rata-rata sebesar 13,41. Hasil analisis dengan uji t menunjukkan bahwa signifikansi sebesar 0,004. Dengan demikian nilai signifikansi 0,004< 0,05, maka H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share dengan media gambar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bagi Guru mata pelajaran Geografi hendaknya mencoba menerapkan model pembelajaran Think Pair Share dengan media gambar, karena model tersebut dapat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.