SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBER HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TOPIK HIDROSFER KELAS X MAN MALANG II BATU

Novita Selviana

Abstrak


ABSTRAK

 

Selviana, Novita. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Number Head Together terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa pada Topik Hidrosfer Kelas X MAN Malang II Batu. Skripsi, Jurusan Geografi, FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto,  M.Si, (II) Drs. Hendri Purwito, M.Si

 

Kata kunci: Model Pembelajaran Number Head Together, hasil belajar

 

Peningkatan hasil belajar dapat dilakukan dengan meningkatan kualitas proses pembelajaran. Salah satu jenis model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar adalah model Number Head Together. Pembelajaran menggunakan Number Head Together, terdiri dari 4 fase yaitu: penomoran, pengajuan pertanyaan, berpikir bersama dan pemberian jawaban. Pada dasarnya  model ini dapat meningkatkan pelaksanaan aktivitas belajar siswa yang berujung pada meningkatnya keterampilan kognitif siswa yaitu hasil belajar.

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif model Number Head Together terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X MAN Malang II Batu. Penelitian ini dirancang menggunakan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan mengambil subjek penelitian dua kelas yaitu kelas X6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X10 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes untuk prates dan pascates. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t tidak berpasangan (Independent Samples Test) yang dapat diselesaikan dengan bantuan SPSS 16.00 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Number Head Together terhadap hasil belajar geografi siswa di MAN Malang II Batu. Dari hasil analisis data diketahui bahwa hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Number Head Together memiliki rata-rata sebesar 34,45 sedangkan pada kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional memiliki rata-rata 26,09 dengan probabilitas (sig.) 0,001, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran Number Head Together terhadap hasil belajar Geografi siswa pada topik Hidrosfer.

Disarankan bagi sekolah untuk memberikan dukungan terhadap guru-guru tentang model pembelajaran kooperatif, khususnya Number Head Together dalam kegiatan pembelajaran. Bagi guru Geografi untuk menggunakan model pembelajaran Number Head Together sebagai alternatif model pembelajaran karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi peneliti lanjut yang meneliti tentang model pembelajaran Number Head Together disarankan untuk mengelola waktu dengan baik agar model pembelajaran Number Head Together terlaksana dengan baik.