SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle ”5E” terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Geografi Siswa Kelas XI IPS SMA Darul Ulum 1 Peterongan Jombang

Oktavia Nurma Sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Oktavia Nurma. 2013. Pengaruh Pembelajaran Model Learning Cycle ”5E” terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Geografi Siswa Kelas XI IPS SMA Darul Ulum 1 Peterongan Jombang. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Hadi Soekamto, SH. M.Pd. M.Si, (II) Dr. I Komang Astina.

 

Kata kunci:  Model Pembelajaran Learning Cycle ”5E”, kemampuan berpikir kritis.

 

Kemampuan berpikir kritis penting dikembangkan pada diri siswa. Seseorang yang berpikir kritis tidak mudah puas dengan informasi yang diterima.  Mereka akan mencari tahu kebenaran akan informasi tersebut berdasarkan fakta-fakta dan pengetahuan yang logis dengan begitu secara tidak langsung akan mendorong mereka untuk terus belajar. Dibutuhkan suatu pembelajaran yang dapat membantu dan memfasilitasi siswa melatihkan aspek-aspek kemampuan berpikir kritisnya. Pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif terutama dalam aktifitas mental merupakan salah satu faktor yang dapat membantu mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Salah satu pendekatan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar adalah pembelajaran konstruktivistik. Learning Cycle “5E” merupakan salah satu  model pembelajaran yang berbasis konstruktivistik.

Learning Cycle “5E” merupakan model pembelajaran yang menuntun siswa untuk membangun pengetahuan mereka sendiri melalui lima tahapan kegiatan pembelajaran dimulai dari Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, dan Evaluation. Model ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengoptimalkan daya nalar atau kemampuan berpikir mereka melalui setiap tahap-tahap pembelajarannya.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran model Learning Cycle ”5E” terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran geografi siswa kelas XI IPS SMA Darul Ulum 1 Peterongan Jombang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment). Subjek peneilitian berjumlah 66 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes esai untuk mengukur kemampuan berpikir kritis yang dikembangkan berdasarkan ranah kognitif C4 terdiri dari pretest dan postest. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t tidak berpasangan (independent Samples t-Tets) dengan bantuan SPPS 16.00 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan antara nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji statistik  yang diterapkan diperoleh nilai signifikasi 0,000. Nilai signifikasi menunjukkan bahwa 0,000