SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 KEDIRI

Reni Mustikawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Mustikawati, Reni. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Kediri Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Achmad Amirudin M.Pd, (II) Drs. Hadi Soekamto SH. M.Pd M.Si.

 

Kata kunci: model pembelajaran Think Pair Share, hasil belajar

 

Model pembelajaran merupakan salah satu faktor yang menentukan dalam keberhasilan belajar siswa. Pemilihan model pembelajaran yang tepat akan memperbesar peluang dalam pencapaian keberhasilan belajar. Pembelajaran geografi memerlukan pemilihan model pembelajaran yang tepat untuk efisiensi dan efektivitas pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang mungkin sesuai diterapkan dalam pembelajarn geografi adalah model pembelajaran Think Pair Share yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir siswa. Model ini memiliki beberapa kelebihan yaitu mudah diterapkan dalam pembelajaran, dapat mendorong siswa untuk lebih aktif, siswa juga lebih bebas mengutarakan pendapat, sehingga hasil belajar mereka meningkat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kediri. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan mengambil subjek penelitian dua kelas yaitu kelas XI IPS 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes untuk pre-test dan post-test. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t tidak berpasangan yang dapat diselesaikan dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar geografi siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis data diketahui bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 19,92 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 15,47. Hasil analisis dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa sinifikansi sebesar 0,015. Dengan demikian nilai signifikansi 0,015 < 0,05, maka Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran Think Pair Share berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kediri.

Saran yang diajukan untuk kepala sekolah adalah memberikan pengetahuan kepada guru-guru tentang model pembelajaran kooperatif misalnya Think Pair Share melalui pelatihan atau seminar dan Lesson Study. Bagi guru bidang studi Geografi adalah menjadikan model pembelalaran Think Pair Share sebagai salah satu alternatif dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi penelitian selanjutnya disarankan untuk menyusun alokasi waktu dengan cermat agar model pembelajaran Think Pair Share dapat terlaksana dengan baik dan mengujicobakan model pembelajaran Think Pair Share pada materi yang berbeda dalam bidang studi geografi.