SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS 3 pada Materi Menganalisis Pelestarian Lingkungan Hidup dalam Kaitannya dengan Pembangunan Berkelanjutan di SMA Laboratorium Universitas Neger

Bandi Saiful Bahri

Abstrak


ABSTRAK

 

Bahri, Bandi Saiful.  2013. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS 3 pada Materi Menganalisis Pelestarian Lingkungan Hidup dalam Kaitannya dengan Pembangunan Berkelanjutan di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Yuswanti Ariani W, M. Si, (2) Dr.Achmad Amirudin, M. Pd.

 

Kata kunci: model pembelajaran, model TPS, hasil belajar geografi

 

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan mulai tanggal 22 Desember 2012 sampai 21 Januari 2013 di kelas XI IPS 3 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang diketahui bahwa sebagian besar kegiatan pembelajaran masih didominasi oleh guru mata pelajaran, sudah pernah dilakukan diskusi namun hal itu jarang dilakukan lagi. Siswa hanya duduk untuk mencatat dan mendengarkan ceramah guru sedangkan untuk kegiatan tindak lanjut, siswa harus mengerjakan lembar kerja siswa (LKS) yang telah disediakan oleh sekolah untuk latihan soal menghadapi Ulangan Akhir Semester (UAS) . Sedangkan pada hasil wawancara diketahui bahwa hanya 7 dari 32 siswa yang mampu tuntas dan memenuhi SKM di sekolah yaitu 77.

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS 3 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Siswa yang mempunyai nilai rendah diharapkan dapat meningkatkan hasil belajarnya melalui model pembelajaran yang diterapkan pada penelitian ini.

Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom action research). Model yang digunakan pada penelitian ini adalah model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan diberlakukan pada kelas XI IPS 3 semester II di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang pada pokok bahasan menganalisis pelestarian lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS 3 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang setelah pelaksanaan proses pembelajaran dengan model TPS pada siklus I dan siklus II. Tes hasil belajar diperoleh peningkatan ketuntasan belajar klasikal dari siklus satu yaitu 40,62% naik menjadi 87,5% pada siklus dua dari jumlah keseluruhan siswa. Dengan rata-rata nilai hasil belajar pada siklus satu yaitu72,13 menjadi 79,72 pada siklus dua. Persentase peningkatan pada penelitian ini sebanyak 7,59%. Secara umum dalam penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) sudah baik, namun memerlukan banyak pembenahan dan modifikasi model pada beberapa tahapan pembelajaran menggunakan model TPS tersebut. Disarankan dalam penerapan model TPS hendaknya guru lebih memperhatikan alokasi waktu yang ada karena model TPS membutuhkan waktu yang lebih untuk berdiskusi dalam memecahkan masalah yang telah diberikan oleh guru. Selain itu perlu juga ada modifikasi model agar lebih variatif.