SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Hasil Belajar Geografi Siswa yang Menggunakan Media Gambar Gerak CD Pembelajaran Interaktif dan Media Gambar Diam pada Siswa SMAN 01 Batu.

heni puja astuti

Abstrak


ABSTRAK

 

Pembelajaran geografi di sekolah masih memiliki berbagai kelemahan, salah satunya adalah penggunaan media masih relatif terbatas. Penggunaan media visual merupakan salah satu cara untuk meningkatkan perolehan hasil belajar siswa. Media visual yang banyak ditemui dan mudah digunakan adalah media gambar. Berdasarkan jenisnya, media gambar dapat dibedakan menjadi gambar gerak dan gambar diam. Gambar gerak (animasi) merupakan media yang saat inibanyak digemari kalangan aktivis pendidikan, namun gambar diam dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya masih menjadi media yang paling banyak diminati.

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya perbedan hasil belajar siswa antara yang menggunakan media gambar gerak dan gambar diam pada siswa SMAN 01 Batu. Data penelitian ini dikumpulkan dengan memberikan pre test dan post test. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Independent Sample T Test dengan bantuan program SPSS 16,00 for windows.

Hasil analisis data menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang disajikan dengan menggunakan media gambar gerak CD pembelajaran interaktif dengan hasil belajar siswa yang disajikan dengan menggunakan media gambar diam. Penelitian ini juga menunjukkan kelas yang diberi perlakuan dengan media gambar diam memperoleh hasil belajar yang lebih baik yaitu dari pada siswa yang diberi perlakuan dengan media gambar gerak. Hal ini dapat dilihat melalui rata-rata hasil belajar  dimana kelas yang diberi perlakuan dengan media gambar gerak memiliki rata-rata 10,16 dan kelas yang diberi perlakuan dengan media gambar diam memiliki rata-rata 14,83. Saran dalam penelitian ini adalah guru dianjurkan untuk menggunakan media gambar gerak dalam menyampaian materi yang sifatnya abstrak dan menggunakan gambar diamuntuk menyampaikan materi yang menunjukkan suatu proses. Peneliti lanjut sebaiknya menggunakan soal uraian sehingga kemampuan siswa dalam memahami suatu proses dapat terukur.