SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) BERBANTUAN LKS BERGAMBAR DISERTAI TEKS TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMP/MTs

Ayu Listriani

Abstrak


ABSTRAK

 

Listriani, Ayu. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Berbantuan LKS Bergambar Disertai Teks terhadap Hasil Belajar Siswa MTs. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Ach. Fatchan, M.Pd, M.P (II) Dr. Budijanto, M.Sos

 

Kata Kunci: Pembelajaran Langsung (Direct Instruction), LKS Bergambar Disertai Teks, Hasil Belajar.

 

Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) berbantuan LKS bergambar disertai teks adalah model pembelajaran yang menekankan guru harus menguasai informasi untuk mentrasfer ilmu kepada siswa melalui LKS bergambar disertai teks yang terdiri dari 5 fase proses pembelajaran yaitu 1) Menyampaikan tujuan dan Mempesiapkan siswa, 2) Menjelaskan pengetahuan dan keterampilan, 3) Membimbing pelatihan, 4) Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik, 5) Memberi kesempatan untuk pelatihan dan penerapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Direct Instruction berbantuan LKS bergambar disertai teks terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi MTs Negeri 1 Munjungan Trenggalek.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian ekperimen kuasi (quasi experimenal design) dengan desain kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2013 dengan sampel penelitian siswa kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Instrumen dan teknik pengumpulan data dalam penilaian hasil belajar Geografi menggunakan pre-test dan post-test. Teknik Analisis data yang digunakan adalah uji t (t-test) tidak berpasangan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil analisis data diketahui bahwa nilai rata-rata hasil belajar (Gain Score) siswa kelas eksperimen sebesar 40,31dan 34,59 pada kelas kontrol. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi 0,037