SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SISWA MELALUI KARYA TULIS ILMIAH PADA MATA PELAJARAN IPS GEOGRAFI MATERI HIDROSFER KELAS VII SMP NEGERI 1 NGORO JOMBANG

Ariyanti Dwi Pratiwi

Abstrak


ABSTRAK

 

Pratiwi, Ariyanti Dwi. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi  Siswa melalui Karya Tulis Ilmiah pada Mata Pelajaran IPS Geografi Materi Hidrosfer Kelas VII SMP Negeri 1 Ngoro Jombang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Achmad Fatchan, M. Pd, M. P, (II) Purwanto, S.Pd, M.Si.

 

Kata Kunci: penerapan, model pembelajaran TTW, kemampuan berkomunikasi melalui karya tulis ilmiah.

 

Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa kemampuan berkomunikasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 ngoro Jombang secara tulis masih kurang. Masih ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam menuangkan ide-idenya ke dalam bentuk tulisan. Hal tersebut terlihat disebabkan oleh penggunaan metode atau strategi pembelajaran yang kurang tepat, sehingga siswa menjadi jarang untuk mencatat informasi atau pengetahuan apa saja yang menjadi pengetahuan baru bagi mereka. Selain itu pada saat ulangan, soal yang diujikan mayoritas soal objektif sehingga siswa menjadi kurang berpengalaman dan kurang terbiasa untuk merangkai kata-kata/ide yang kemudian dituangkan ke dalam bentuk tulisan.

Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa secara tulis melalui karya tulis ilmiah yakni makalah dengan menerapkan model pembelajaran Think Talk Write. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus pembelajaran yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif.

Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berkomunikasi siswa secara tulis melalui karya tulis ilmiah mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Besarnya peningkatan yaitu 39,4%, dimana pada siklus I mencapai 45,45% dan pada siklus II meningkat menjadi 84,85%.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan kemampuan berkomunikasi siswa secara tulis melalui karya tulis ilmiah pada mata pelajaran IPS Geografi setelah diterapkan model pembelajaran Think Talk Write.