SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Zonasi Karakteristik Pola Konsumsi dan Aktivitas Mahasiswa Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang

Yuni Purwanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Purwanti, Yuni. 2013. Zonasi Karakteristik Pola Konsumsi dan Aktivitas Mahasiswa Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Djoko Soelistijo M.Si, (II) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si.

 

Kata Kunci: pola konsumsi, aktivitas, zonasi, mahasiswa geografi

 

Pola konsumsi suatu masyarakat atau individu termasuk mahasiswa berbeda-beda satu sama lain. Mahasiswa pada satu angkatan yang berasal dari daerah yang berbeda, pola konsumsi, aktivitas, dan tingkat kesehatannya tidak sama, begitu pula mahasiswa dari angkatan dan daerah asal yang berbeda. Perbedaan pola konsumsi dan aktivitas mahasiswa dipengaruhi perbedaan uang saku yang diterima mahasiswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal mengenai kondisi sosial ekonomi orang tua, uang saku mahasiswa, karakteristik pola konsumsi mahasiswa geografi, karakteritik pola aktivitas mahasiswa geografi, dan tingkat kesehatan mahasiswa geografi.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif komperatif. Data penelitian berupa data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap pemeriksaan jawaban pada kuesioner, coding, tabulasi tunggal dan tabel persentase.

Berdasarkan hasil analisis tersebut, diperoleh lima kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, kondisi sosial ekonomi orang tua mahasiswa Geografi UM angkatan 2010 – 2012 yang berasal dari Zona Utara lebih baik dari pada Zona Tengah. Kedua, jumlah uang saku mahasiswa Geografi UM angkatan 2010 – 2012  yang berasal dari Zona Utara lebih sedikit apabila dibandingkan dengan jumlah uang saku mahasiswa Geografi UM angkatan 2010 – 2012 yang berasal dari Zona Tengah. Ketiga, mahasiswa Geografi UM angkatan 2010 – 2012 yang berasal dari Zona Utara dan Zona Tengah lebih banyak mengalokasikan uang sakunya untuk konsumsi non makanan dibandingkan dengan konsumsi makanan. Keempat, pola aktivitas personal yang sering dilakukan oleh mahasiswa laki – laki Geografi UM angkatan 2010 – 2012 adalah olah raga, sedangkan untuk mahasiswa wanita adalah jalan – jalan, menulis, dan membaca. Pola aktivitas yang berhubungan dengan lingkungan sosial yang diikuti mahasiswa Geografi angkatan 2010 – 2012 yang berasal dari Zona Utara sebagian besar tidak suka mengikuti kegiatan organisasi yang ada di dalam kampus, sedangkan mahasiswa yang berasal dari Zona Tengah mereka lebih aktif untuk mengikuti kegiatan organisasi yang ada di kampus. Kelima, jenis sakit yang sering diderita mahasiswa Geografi UM angkatan 2010 – 2012 adalah diare, maag, demam, dan influensa dengan lama sakit antara 1 - 6 hari.