SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) Terhadap Hasil Belajar Geografi Kelas X di SMA Negeri 1 Kesamben Blitar

Rosita Tri Rahayu

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahayu, Rosita Tri. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) Terhadap Hasil Belajar Geografi Kelas X di SMA Negeri 1 Kesamben Blitar. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Hadi Soekamto, S.H, M.Pd, M.Si (II) Drs. Sudarno Herlambang, M.Si.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining, Hasil Belajar Geografi

 

Penguasaan yang baik terhadap materi pembelajaran akan berdampak pada hasil belajar geografi siswa secara maksimal khususnya pada materi hidrosfer pokok bahasan perairan darat. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh guru untuk meningkatkan penguasaan materi pembelajaran secara maksimal pada siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Model pembelajaran ini akan membuat siswa aktif sebagai fasilitator yang bertugas menjelaskan materi pembelajaran pada teman satu kelompok sedangkan teman yang lain dalam kelompok dapat bertanya dan memberikan pendapat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kesamben Blitar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperiment (eksperimen semu) dengan mengambil subjek penelitian berjumlah dua kelas yaitu kelas X-5 sebagai kelas kontrol dan kelas X-7 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes uraian yang terdiri dari 6 soal untuk pretest dan posttest. Teknik analisis menggunakan uji t tidak berpasangan (Independent Sample t-Test) dengan bantuan SPSS 16.00 for Windows.

Berdasarkan hasil analisis uji t didapatkan nilai probabilitas (sig 2-tailed) sebesar 0,037 sehingga nilai probabilitas