SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IPS SMA NEGERI 5 MALANG

ANIDA SHOFIATUL WIDAD

Abstrak


ABSTRAK

 

Widad, Anida Shofiatul. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS SMAN 5 Malang. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sudarno Herlambang, M.Si, (II) Satti Wagistina, SP., M.Si.

 

Kata Kunci : Model Pembelajaran REACT, Hasil Belajar.

 

Guru seringkali tidak menyadari bahwa masih banyak pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan justru menghambat aktivitas dan kreativitas siswa yang berdampak pada hasil belajar siswa. Untuk mengembangkan aktivitas dan kreativitas serta memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran, guru bisa menggunakan model  pembelajaran untuk dapat membuat siswa lebih mudah memahami materi, aktif, dan kreatif. Salah satunya adalah model REACT (Relating, Experiencing, Appliying, Cooperating, and Transferring). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran REACT terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi kelas XI IPS di SMAN 5 Malang pada semester genap tahun ajaran 2012/2013.

Penelitian ini tergolong penelitian eksperimen  semu (quasy experimental design) dengan menggunakan pre test-post test control group design. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMAN 5 Malang dengan kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Analisis data yang digunakan adalah uji-t tidak berpasangan (Independent sample t test)

Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata tes kemampuan awal (pre test) kelas eksperimen sebesar 57,70  dan setelah diberi perlakuan berupa penerapan model REACT  nilai rata-rata tes kemampuan akhir (post test) mengalami peningkatan menjadi 79,93 dengan selisih ( gain score) sebesar 22,22. Sedangkan nilai rata-rata tes kemampuan awal (pre test) kelas kontrol sebesar 59,50  dan setelah mendapat perlakuan nilai rata-rata tes kemampuan akhir (post test) menjadi 74,67 dengan selisih (gain score) sebesar 15,17. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji-t tidak berpasangan (Independent sample t test) dengan bantuan SPSS 16,00 For Windows diperoleh hasil belajar (gainscore) dengan sig. (2-tailed) sebesar 0,002 ˂ 0,025 yang berarti bahwa model pembelajaran REACT berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi kelas XI IPS di SMAN 5 Malang.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar model pembelajaran REACT ini dapat diterapkan untuk semua matapelajaran yang lain yang materinya sesuai dengan sintaks model pembelajaran REACT sehingga siswa mudah dalam memahami materi dan baik untuk meningkatkan hasil belajar. Pengelolaan waktu dan kelas perlu direncanakan secara matang agar bisa terlaksana dengan baik.