SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Geografi SMA

Mitra Widyasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Widyasari, Mitra. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Geografi SMA. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Hadi Soekamto, SH, M.Pd, M.Si, (II) Dra. Yuswanti Ariani W., M.Si.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), kemampuan berpikir kritis

 

Kemampuan berpikir kritis mempunyai peranan yang sangat strategis dalam bidang pendidikan. Oleh karena itu, guru sebagai pendidik berkewajiban mengkondisikan pembelajaran agar tercipta suasana yang mendukung siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya. Salah satu model pembelajarannya adalah model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC). Kelebihan model CIRC dapat membantu siswa belajar memahami materi pelajaran melalui bacaan, berita, permasalahan, dengan cara membaca, menganalisis, dan memecahkan permasalahan yang diberikan oleh guru dan tidak bergantung pada teks tertentu. Dengan demikian, model pembelajaran CIRC mampu melatih kemampuan berpikir kritis siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CIRC terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan subjek penelitian kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen berupa tes essai untuk prates dan pascates. Teknik analisis data yang digunakan berupa uji t tidak berpasangan (Independent Samples t-Test).

Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran CIRC berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi SMA. Hal tersebut nampak dari rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Kelas eksperimen memiliki rata-rata 14,31, sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata 9,33. Hasil analisis uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,002 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran CIRC.

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bagi sekolah untuk membuat forum diskusi guru-guru Geografi dan dapat mengundang ahli pendidikan untuk membuat pelatihan pembelajaran. Bagi guru geografi dapat menerapkan model pembelajaran CIRC sebagai salah satu alternatif dalam kegiatan pembelajaran, karena terbukti CIRC berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis. Bagi peneliti lanjutan yang berminat melakukan penelitian tentang pengaruh model pembelajaran CIRC terhadap kemampuan berpikir kritis disarankan menambah variabel, dan membuat instrumen yang lebih baik.