SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Timbal Balik (Reciprocal Teaching) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X SMA Negeri 7 Kediri

PURI DYAH MEGASARI

Abstrak


ABSTRAK

 

Megasari, Puri Dyah. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Timbal Balik (Reciprocal Teaching) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X SMA Negeri 7 Kediri. Skripsi, Jurusan Geografi Prodi Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Hadi Sukamto, S.H, M.Pd, M.Si, (II) Drs. Sudarno Helambang, M.Si.

 

Kata Kunci: model pembelajaran Timbal Balik, hasil belajar siswa

 

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk menguji model pembelajaran Timbal Balik. Latar belakang penelitian ini secara garis besar berdasarkan pada banyaknya peneliti yang menggunakan model pembelajaran Timbal Balik dan keunggulannya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Timbal Balik berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 7 Kediri?. Hipotesis pada penelitian ini adalah ada pengaruh model pembelajaran Timbal Balik terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 7 Kediri. 

Penelitian dilakukan dengan peneliti berperan sebagai guru di dalam kelas baik kelas eksperimen ataupun kelas kontrol. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 7 Kediri. Kelas X di SMA Negeri 7 Kediri berjumlah 10 kelas. Penelitian ini mengambil dua kelas yaitu kelas X-5 sebagi kelas eksperimen dan kelas X-6 sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari soal subjektif atau esai yang berjumlah lima soal.

Hasil penelitian ini adalah (1) Pengujian model pembelajaran Timbal Balik pada siswa kelas X SMA Negeri 7 terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa yang nantinya juga berpengaruh pada hasil belajar siswa: siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok kecil  yang masing-masing kelompok terdiri dari empat komponen utama pada model pembelajaran Timbal Balik, setiap kelompok diberikan empat artikel yang berbeda untuk dikerjakan sesuai peran dan tugas (memprediksi, mengklarifikasi, membuat pertanyaan, dan meringkas/merangkum) yang diberikan, (2) Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Timbal Balik mengalami peningkatan hal ini dapat dilihat dari prosentase siswa yang mendapat nilai kurang sekali mengalami penurunan menjadi 0% yang sebelumnya mencapai  74,19%.

Saran dalam penelitian ini adalah (1) Bagi sekolah, untuk menyarankan penggunaan model pembelajaran Timbal Balik pada guru terutama guru mata pelajaran sastra untuk memperbaiki kemampuan membaca siswa (2) Bagi guru, pada indikator yang membahas tentang peristiwa El Nino dan La Nina serta dampaknya bagi keidupan sebaiknya lebih ditekankan agar siswa mampu menganalisis proses terjadinya El Nino dan La Nina serta dampaknya bagi kehidupan (3) Bagi peneliti lanjutan sebaiknya dapat mengatur waktu pada RPP saat menggunakan model pembelajaran Timbal Balik agar tercipta pembelajaran yang baik dan efisien.