SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Malang

YESSY PERDANASARI SUWARDI

Abstrak


ABSTRAK

 

Suwardi, Yessy Perdanasari. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Malang. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto, M. Si, (II) Satti Wagistina, S. P, M. Si.

 

Kata Kunci: cooperative script, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar.

 

Kreativitas guru dalam mengajar dan menentukan strategi pembelajaran yang digunakan siswa untuk belajar di kelas dapat menciptakan pembelajaran yang aktif. Model pembelajaran kooperatif merupakan salah satu strategi mengajar yang digunakan guru untuk meningkatkan interaksi melalui hubungan sosial. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran cooperative script dapat mengembangkan upaya kerjasama dalam mencapai tujuan bersama.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative script terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang dan mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian pretest dan postest control group design.

Sampel penelitian ini terdiri dari satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol, siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar yang terdiri dari tes awal dan tes akhir. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan SPSS 16.00 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran cooperative script terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang. Kemampuan berpikir kritis siswa pada materi di kelas eksperimen memiliki rerata gain score sebesar 46,59, sedangkan pada kelas kontrol memiliki rerata gain score 16,12. Kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang. Hasil belajar siswa pada materi atmosfer di kelas eksperimen memiliki rerata gain score sebesar 43,72. Kelas kontrol memiliki rerata gain score 10,71. Hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.