SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN METODE PENUGASAN MENGGUNAKAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X7 MAN MALANG 2 BATU

INA UMI NADZIROH

Abstrak


ABSTRAK

 

Nadziroh, Ina Umi. 2013. Penerapan Metode Penugasan Menggunakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X-7 MAN Malang 2 Batu. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Hadi Soekamto, M. Pd. M. Si, (II) Ardyanto Tanjung S. Pd. M. Pd.

 

Kata Kunci: metode penugasan, lembar kegiatan siswa (lks), hasil belajar geografi

 

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Geografi siswa. PTK ini dilaksanakan dua kali siklus. Setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan (2x45’) dengan empat rincian kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada hari Rabu, 28 November 2012 diketahui bahwa hasil belajar siswa kelas X-7 MAN Malang 2 Batu rendah yaitu nilai rata-ratanya 61 berada pada kualifikasi cukup. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan karena guru jarang memberikan tugas, semua siswa tidak memiliki buku teks sendiri untuk mata pelajaran Geografi, siswa hanya dipinjami buku teks dari perpustakaan saat proses pembelajaran Geografi berlangsung saja, dan metode pembelajaran yang sering digunakan adalah ceramah. Oleh karena itu, dilakukan PTK dengan menerapkan metode penugasan menggunakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) untuk meningkatkan hasil belajar Geografi siswa kelas X-7 MAN Malang 2 Batu. Metode penugasan menggunakan LKS memberikan pengalaman belajar yang konkret sehingga pengetahuan yang diperoleh siswa lebih mantap dan terintegrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Geografi siswa kelas X-7 MAN Malang 2 Batu mengalami peningkatan. Nilai rata-rata siswa dari 61 (cukup) pada pra tindakan meningkat 16,34% dengan nilai rata-rata71 (baik) pada siklus I dan meningkat 16,90% dengan nilai rata-rata 83 (baik sekali) pada siklus II.

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan guru mata pelajaran Geografi menggunakan metode penugasan menggunakan LKS pada kompetensi dasar menganalisis hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di bumi. Selain itu, dalam menerapkan metode pembelajaran ini hendaknya guru tegas memberikan pengawasan dan peringatan ke siswa sebagai upaya untuk mencegah terjadinya ketidaktertiban saat proses pembelajaran.