SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Kombinasi Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dan NHT (Numbered Heads Together) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Mejayan Kabupaten Madiun

Irma Ayu Kusumawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Kusumawati, Irma Ayu. 2013. Penerapan Kombinasi Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dan NHT (Numbered Heads Together) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Mejayan Kabupaten Madiun. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ach. Amirudin, M.Pd, (II) Drs. M. Yusuf Idris.

 

Kata Kunci: kombinasi model pembelajaran STAD-NHT, hasil belajar siswa

 

Hasil observasi yang dilakukan pada tanggal 21 dan 25 mei 2012 di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Mejayan diketahui bahwa masih dijumpai hasil belajar siswa yang rendah. Rendahnya hasil belajar siswa menjadi momok permasalahan utama di SMA Negeri 1 Mejayan. Perhatian, sikap malas, maupun ketertarikan siswa yang rendah dalam pembelajaran geografi merupakan permasalahan yang turut mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa. Selain itu, rendahnya hasil belajar juga berkaitan dengan ketersediaan sarana dan prasarana sekolah di SMA Negeri 1 Mejayan yang belum dimanfaatkan secara maksimal.

Faktanya, ketiga permasalahan tersebut disebabkan oleh metode pembelajaran yang tidak disertai variasi model maupun media pembelajaran mempengaruhi hasil belajar yang rendah. Rendahnya hasil belajar siswa ditunjukkan dari hasil UTS dan tes kemampuan awal siswa yang dilakukan oleh peneliti. Berdasarkan tes kemampuan awal diketahui 2 siswa mendapatkan nilai 80 dan 27 siswa mendapatkan nilai di bawah 70. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka perlu dilakukan penelitian tentang penerapan pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya dengan Penerapan Kombinasi Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dan NHT (Numbered Heads Together) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Mejayan.

Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Peneliti terlibat langsung dalam proses penelitian mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga pelaporan data. Kegiatan pembelajaran terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengambilan data dilaksanakan dengan observasi dan kuis individual. Penelitian dilaksanakan di kelas XI IPS 1 SMA Negeri I Mejayan dengan jumlah siswa 29 orang, pada materi Menganalisis Pemanfaatan dan Pelestarian Lingkungan Hidup.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada peningkatan hasil belajar kelompok dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 semester 2 SMA Negeri I Mejayan ditunjukkan dengan rata-rata skor hasil belajar kelompok sebesar 73,14 (baik) pada siklus I meningkat menjadi 83,06 (sangat baik) pada siklus II. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata skor hasil belajar siswa sebesar 73,28 (baik) pada siklus I meningkat menjadi 82,93 (sangat baik) pada siklus II (persentase hasil belajar siswa sebesar 34,48% pada siklus I kemudian meningkat menjadi 86,21% pada siklus II).

Bertitik tolak dari penelitian ini, beberapa saran yang diperkirakan dapat meningkatkan manfaat yang akan datang adalah: 1) guru harus memberikan ketegasan dalam mengelola alokasi waktu di setiap kegiatan pembelajaran; 2) guru harus mengkoordinasi anggota kelompok bekerjasama dengan membagi tugas antar anggota kelompok; 3) guru harus memberikan ketegasan pada siswa yang ramai saat pembelajaran berlangsung; dan 4) guru dapat menunjuk siswa-siswa yang pasif untuk mengeluarkan pendapat, saran, tanggapan, dan ide-ide kreatifnya.