SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Motivasi dan Keaktifan Siswa Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Lawang

Ratna Tri Wulandari

Abstrak


ABSTRAK

 

Wulandari, Ratna Tri. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Motivasi dan Keaktifan Siswa Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Lawang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Achmad Amirudin, M.Pd, (II) Dr. Budijanto, M.Sos.

 

Kata Kunci: pembelajaran kooperatif, Team Games Tournament (TGT), motivasi belajar, keaktifan belajar

 

Hasil observasi awal peneliti menunjukkan bahwa motivasi belajar kelas XI IPS 4 masih perlu ditingkatkan lagi karena masih terdapat siswa yang memiliki motivasi belajar kurang, sedangkan keaktifan belajar siswa di kelas tersebut masih sangat rendah. Rendahnya motivasi dan keaktifan belajar siswa berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa pada UTS geografi semester ganjil tahun ajaran 2012/2013. Pada UTS tersebut 27 siswa memiliki nilai di bawah KKM atau tidak tuntas belajar.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan 4 tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik dokumentasi, observasi, dan angket. Penelitian dilaksanaan di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Lawang pada materi pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada saat pra-tindakan masih terdapat siswa yang memiliki motivasi belajar kurang, namun setelah diterapkan model pembelajaran TGT, motivasi belajar meningkat menjadi baik pada siklus I dan menjadi sangat baik pada siklus II. Keaktifan belajar kelas XI IPS 4 pada saat pra-tindakan juga sangat rendah, namun setelah diterapkan TGT, keaktifan belajar meningkat menjadi baik pada siklus I dan sangat baik pada siklus II.

Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan TGT dapat meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Lawang. Saran dari penelitian ini meliputi: (1) guru disarankan menggunakan model pembelajaran TGT, (2) guru perlu mengaitkan materi geografi dengan kehidupan sehari-hari, (3) guru perlu membagikan daftar kelompok diskusi dan kelompok turnamen sebelum pelaksanaan pembelajaran, (4) guru perlu menekankan pentingnya kerjasama tim, (5) guru perlu memberlakukan aturan diskualifikasi pada pelaksanaan turnamen, (6) guru perlu melakukan pengaturan waktu yang baik, (7) peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian mengenai penerapan TGT, (8) peneliti selanjutnya diharapkan dapat memaksimalkan oral activities dan writing activities.