SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dengan Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA N 01 Bululawang

Achmad Fandir Tiyansyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Tiyansyah, Achmad Fandir. 2013. Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan  Think Talk Write (TTW) terhadap Hasil Belajar  Geografi  Siswa Kelas X SMA N 01 Bululawang. Skripsi, Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Dwiyono Hari Utomo M.Pd, M.Si., (II) Drs. Sudarno Herlambang, M.Si.

 

Kata Kunci: Think Pair Share, Think Talk Write, hasil belajar.

 

Guru sebagai pengelola sistem perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran harus berusaha untuk melaksanakan tujuan pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran yang tepat. Strategi yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan pembelajaran yang dapat mengakomodasikan siswa untuk lebih aktif dan meningkatkan hasil belajar yakni dengan menggunakan pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran yang mengutamakan kerjasama di antara siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Think Pair Share dan Think Talk Write termasuk dalam model pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan hasil belajar karena setiap tahapannya melibatkan siswa untuk aktif  berfikir, berbicara, menulis, dan menyampaikan gagasannya.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pembelajaran model Think Pair Share dengan Think Talk Write terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X SMA N 01 Bululawang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang dikembangkan dengan pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini yakni kelas X-2 sebagai kelas eksperimen 1 yang menerima perlakuan model Think Pair Share dan kelas X-6 sebagai kelas eksperimen 2 yang menerima perlakuan model Think Talk Write. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes objektif. Analisa data yang digunakan adalah uji t (t-test).

Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata gain score hasil belajar dengan menggunakan model Think Pair Share lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model Think Talk Write. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara pembelajaran model Think Pair Share dengan Think Talk Write pada mata pelajaran geografi siswa kelas X SMA N 01 Bululawang.

Terkait hasil penelitian tersebut disarankan kepada guru untuk dapat menerapkan model Think Pair Share di kelas dengan manajemen waktu yang lebih baik. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk melakukan penelitian tentang pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada kelas dan materi yang berbeda. Bagi peneliti selanjutnya juga diharapkan untuk meneliti kemampuan yang lain seperti kemampuan berfikir kritis siswa.