SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Dipadu Dengan Peta Pikiran (Mind Map) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Malang

Mohammad Haris Muzakki

Abstrak


ABSTRAK

 

Muzakki, Mohammad Haris. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share dipadu dengan Peta Pikiran (Mind Map) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Malang. Skripsi, Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sudarno Herlambang, M.Si., (II) Drs. Mustofa.

 

Kata Kunci: Think Pair Share, Mind Map, motivasi, hasil belajar.

 

Think Pair Share merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpikir secara mandiri, merespon/menjawab, dan bekerja sama dengan yang lain mampu meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Model Pembelajaran Mind Map juga dapat membantu siswa dalam memahami konsep dan mengembangkan kreativitasnya. Berdasarkan hasil pengamatan proses pembelajaran geografi di SMAN 4 Malang dapat ketahui bahwa pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga siswa terlihat bosan, kurang senang, dan kurang tertarik terhadap materi yang diajarkan. Dengan demikian gabungan kedua model pembelajaran tersebut berpotensi meningkatkan motivasi belajar siswa yang akhirnya berimbas pada hasil belajar siswa.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share dipadu dengan Peta Pikiran (Mind Map) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang dikembangkan dengan pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini yakni kelas X-6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi untuk mengukur motivasi belajar dan tes uraian untuk mengukur hasil belajar siswa. Data yang diuji dalam penelitian ini yaitu gain score motivasi dan hasil belajar siswa yang dianalisis menggunakan independent sample t-test  dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows.

Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan hasil penelitian yaitu ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share dipadu dengan Peta Pikiran (Mind Map) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 4 Malang. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dan rata-rata nilai hasil belajar geografi kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol.

Terkait hasil penelitian tersebut, maka peneliti memberikan saran agar guru melakukan perencanaan yang matang karena penerapan model pembelajaran Think Pair Share dipadu dengan Mind Map memerlukan waktu yang relatif lama. Siswa disarankan supaya membuat mind map secara manual, supaya siswa lebih memahami isi mind map yang dibuatnya . Bagi peneliti berikutnya agar bisa menyempurnakan penelitian ini, yaitu dengan melakukan penelitian yang subjeknya benar-benar memiliki kemampuan akademik rendah.