SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENGGUNAAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA KELAS XI PADA STANDAR KOMPETENSI MEMAHAMI SUMBER DAYA ALAM (SDA) SMA NEGERI 3 BOJONEGORO

Pipit Kurnia Sari

Abstrak


ABSTRAK

Sari, Kurnia, Pipit. 2009. Pengaruh Penggunaan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Geografi Siswa Kelas XI Pada Standar Kompetensi Memahami Sumber Daya Alam (SDA). Skripsi, Jurusan Geografi, FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ach. Amirudin, M.Pd. (II) Prof. Dr. Edy Purwanto,  M.Pd

Kata kunci: Peta Konsep, hasil belajar.

Proses belajar menghafal sering kita temukan pada siswa. Siswa hanya mengenal kata-kata tetapi tidak memahami maksudnya sehingga siswa banyak yang mengalami proses lupa pada materi pelajaran yang telah diajarkan dan siswa kurang bisa mengaplikasikan kembali belajarnya. Untuk itu guru harus bisa memvariasikan strategi pembelajaran. Pemilihan strategi pembelajaran merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadapa hasil belajar siswa. Pembelajaran geografi membutuhkan strategi untuk mengatasi masalah tersebut  salah satunya adalah dengan menggunakan peta konsep. Dengan menggunakan peta konsep dalam pelajaran geografi siswa akan lebih mudah memahami konsep geografi, ingatan siswa bisa lebih kuat dan siswa bisa mengaplikasikan lagi belajarnya. Pembelajaran ini menekankan pada berbagai ciri pembelajaran secara langsung yaitu siswa bekerja dalam kelompok kecil untuk berlatih membuat peta konsep.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan menggunakan peta konsep dengan siswa yang belajar dengan menggunakan uraian materi di SMA Negeri 3 Bojonegoro. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Eksperimen Semu (Quasi Eksperiment) dengan mengambil subjek penelitian dua kelas yaitu kelas  sebagai kelas eksperimen dan kelas sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes untuk prates dan pascates. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t dengan signifikansi 0,05 yang dapat diselesaikan dengan bantuan program Statistical Program for Social Sciences (SPSS) 15.00 for Windows. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil analisis data diketahui bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen memiliki rata-rata sebesar 18,53 sedangkan pada kelas kontrol memiliki rata-rata 9,56 dengan nilai probabilitas (p) 0,000, sehingga ada pengaruh penggunaan peta konsep terhadap hasil belajar Geografi siswa pada standar kompetensi memahami sumber daya alam (SDA).

Disarankan bagi guru Geografi hendaknya menggunakan peta konsep sebagai alternatif dalam pengajaran geografi karena dapat meningkatkan hasil belajar geografi siswa. Bagi peneliti selanjutnya maka perlu adanya penelitian sejenis dengan pokok bahasan yang berbeda.


Teks Penuh: DOC PDF