SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMA

Anita Eka Prestiana Dewi

Abstrak


ABSTRAK

 

Dewi, Anita Eka Prestiana. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Achmad Fatchan, M. Pd, M. P, (II) Dr. Budijanto, M. Sos.

 

Kata Kunci: model pembelajaran Problem Based Learning, hasil belajar.

 

Kegiatan pembelajaran yang dilakukan di sekolah seharusnya mampu meningkatkan pengetahuan dan kecakapan hidup dalam menghadapi permasalahan yang ada di dunia nyata. Pada kenyataannya, siswa hanya mengingat informasi yang diperoleh dari guru tanpa dituntut untuk memahami dan menghubungkan dengan kehidupan sehari-hari, sehingga pengetahuan yang didapat siswa mudah dilupakan. Salah satu model pembelajaran yang mampu mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan nyata adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Model pembelajaran ini menggunakan permasalahan nyata sebagai fokus bagi siswa untuk belajar menyelesaikan masalah serta menciptakan sendiri pemahamannya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar geografi siswa SMA.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu (quasi experimen design). Subjek penelitian ini siswa kelas XI IPS SMA Negeri 02 Batu Tahun Ajaran 2012/2013 yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kontrol dan eksperimen. Kelas XI IS-4 terpilih menjadi kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas XI IS-2 menjadi kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan pembelajaran yang biasa dilakukan oleh guru geografi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan uji beda atau uji-t pada taraf signifikansi α = 0,05.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi daripada nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan pembelajaran konvensional. Selain itu, berdasarkan hasil uji-t terhadap data gain score diketahui nilai hasil belajar kelas eksperimen lebih besar daripada nilai hasil belajar kelas kontrol. Dengan demikian, model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar geografi siswa SMA.

Disarankan guru harus mempersiapkan bahan-bahan yang dapat digunakan untuk menunjang proses pencarian informasi dalam memecahkan masalah untuk meminimalisir konsumsi waktu yang banyak pada model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi pertimbangan bagi peneliti lain untuk menyempurnakan penelitian tentang pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar geografi pada materi pelestarian lingkungan hidup.