SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Science, Environment, Technology, Society (SETS) terhadap Kemampuan Berkomunikasi secara Tertulis pada Siswa SMA

Yuniarti .

Abstrak


ABSTRAK

 

Yuniarti. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Science, Environment, Technology, Society (SETS) terhadap Kemampuan Berkomunikasi secara Tertulis pada Siswa SMA. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Achmad Fatchan, M. Pd, M. P, (II) Drs. Hadi Soekamto, S.H, M.Pd, M.Si.

 

Kata Kunci: model pembelajaran SETS, kemampuan berkomunikasi secara tertulis

 

Salah satu cara untuk mendorong siswa supaya terampil berkomunikasi, terutama untuk siswa yang malu mengungkapkan pendapatnya secara verbal, adalah dengan berkomunikasi tulis. Bagi siswa menulis masih merupakan suatu tantangan yang cukup berat. Salah satu model pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan berkomunikasi secara tertulis adalah model pembelajaran Science, Environment, Technology, and Society (SETS). Pada model pembelajaran ini siswa aktif mencari informasi dengan melakukan pengamatan lapangan, pengumpulan pengetahuan dari berbagai sumber dan lintas antar bidang studi untuk mengkaitkan antara perkembangan sains dan teknologi terhadap permasalahan lingkungan yang ada di sekitarnya (kontekstual). Hal tersebut dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam pengembangan gagasan, sehingga akan meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara tertulis.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SETS terhadap kemampuan berkomunikasi secara tertulis. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu, menggunakan rancangan control group design. Subjek penelitiannya adalah kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran SETS sedangkan kelas kontrol dengan metode pembelajaran ceramah dan menggunakan media powerpoint. Instrumen penelitian yang digunakan adalah rubrik penilaian makalah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji t Independent samples dengan menggunakan bantuan SPSS 16.0 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata kemampuan berkomunikasi secara tertulis pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol ditunjukkan dengan nilai Sig. (2-tailed) hasil uji t sebesar 0,00. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa rata-rata kemampuan berkomunikasi secara tertulis pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran SETS berpengaruh terhadap kemampuan berkomunikasi siswa SMA.

Disarankan bagi guru Geografi untuk menerapkan model pembelajaran SETS. Disarankan kepada pihak sekolah untuk melakukan LS, MGMP, dan team teaching menggunakan model pembelajaran SETS. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk mengukur variabel lain serta pengembangan model pembelajaran SETS dengan  mengujicobakan kombinasi model dan media pembelajaran lain yang lebih variatif.