SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Geografi Kelas XI IPS di SMA Panjura Malang

Aprilya Hestyana

Abstrak


ABSTRAK

 

Hestyana, Aprilya. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Geografi Kelas XI IPS di SMA Panjura Malang. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang.  Pembimbing: (I) Drs Marhadi Slamet Kistiyanto, M.Si, (II)  Purwanto, S.Pd, M.Si.

 

Kata Kunci: Model Cooperative Script dan Hasil Belajar.

 

Cooperative Script merupakan model pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) karena seluruh siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Cooperative Script berpengaruh terhadap hasil belajar geografi kelas XI IPS di SMA Panjura Malang.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan mengambil subjek penelitian dua kelas yaitu, kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berbentuk tes objektif untuk pretes dan postes. Analisis data menggunakan uji t dengan uji statistik Independend Sampel Test dengan bantuan SPSS 17.00for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model  pembelajaran Cooperative Script berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa di SMA Panjura Malang. Hal ini dapat dilihat dari nilai probabilitas sebesar 0,032 dan rata-rata perolehan hasil belajar siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran Cooperative Script yaitu 25,07 lebih tinggi daripada dengan metode konvensioal yaitu 21,5.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS di SMA Panjura Malang. Sehingga pembelajaran menggunakan model pembelajaran Cooperative Script lebih efektif terhadap hasil belajar dibandingkan dengan yang biasa digunakan oleh guru mata pelajaran geografi yaitu dengan metode ceramah dan diskusi. Oleh karena itu, diharapkan untuk guru agar dapat menerapkan model pembelajaran Cooperative Script dalam kegiatan pembelajaran di sekolah agar kegiatan pembelajaran di sekolah lebih bervariasi dan menyenangkan.